Return to site

Ketahui Penyebab Diabetes Berdasarkan Study

June 21, 2022

Studi pernah dilakukan terhadap orang-orang muda yang sehat dan membagi mereka menjadi dua kelompok diet karbohidrat dan diet lemak, dari hasil penelitian tersebut ditemukan bahwa, intoleransi glukosa meroket pada kelompok diet lemak. Alasannya, saat jumlah lemak dalam makanan naik, begitu juga gula darah seseorang. Mengapa makan lemak menyebabkan kadar gula darah lebih tinggi? Dibutuhkan ilmuwan hampir tujuh dekade untuk mengungkap misteri ini, tetapi pada akhirnya akan memegang kunci pemahaman kita saat ini tentang penyebab diabetes tipe 2.

Alasan atlet memuat karbohidrat sebelum balapan adalah untuk membangun pasokan bahan bakar di dalam otot mereka, memecah pati menjadi glukosa di saluran pencernaan yang kemudian diserbarkan sebagai glukosa darah (gula darah) dan diambil oleh otot kita untuk disimpan dan dibakar untuk energi.

Insulin adalah kunci agar memungkinkan glukosa dalam darah memasuki sel-sel otot. Ketika insulin menempel pada reseptor insulin pada sel, ia mengaktifkan enzim, yang akhirnya menjadikan glukosa menjadi energi.

Bagaimana jika tidak ada insulin? Gula darah akan terjebak dalam aliran darah. Tanpa bisa dimanfaatkan, kadar gula dalam darah akan naik dan turun. Itulah yang terjadi pada diabetes tipe 1: sel-sel di pankreas yang membuat insulin dihancurkan, dan tanpa insulin, gula dalam darah tidak bisa keluar dari darah ke otot, sehingga gula darah naik.

Bagaimana jika insulin cukup, tetapi insulin tidak bekerja? Ini adalah kondisi tubuh yang disebut dengan resistensi insulin. Sel otot kita menjadi resisten terhadap efek insulin. Apa yang mengunci sel otot kita? Apa yang mencegah insulin membiarkan glukosa masuk? Tetesan kecil lemak di dalam sel otot kita, yang disebut lipid intramyoseluler.

Lemak dalam aliran darah dapat menumpuk di dalam sel otot, menciptakan produk pemecahan lemak beracun dan radikal bebas yang menghalangi proses insulin. Tidak peduli berapa banyak insulin yang kita miliki dalam darah kita, itu tidak cukup untuk mengubah glukosa menjadi energi, dan kadar gula darah menumpuk di dalam darah. Dan ini bisa terjadi dalam tiga jam. Kumpulan lemak dapat mulai menyebabkan resistensi insulin, menghambat penyerapan gula darah setelah hanya 160 menit.

Mekanisme di mana lemak menginduksi resistensi insulin tidak diketahui sampai teknik MRI yang canggih dikembangkan untuk melihat apa yang terjadi di dalam otot orang saat lemak dimasukkan ke dalam aliran darah mereka. Begitulah cara kita untuk mengetahui peningkatan kadar lemak dalam darah sehingga menyebabkan resistensi insulin dengan menghambat transportasi glukosa ke dalam otot.

Kita juga bisa melakukan percobaan sebaliknya. Turunkan tingkat lemak dalam darah manusia dan resistensi insulin langsung turun. Jika kita membersihkan lemak dari darah, kita juga membersihkan gula. Itu menjelaskan temuan bahwa pada diet ketogenik tinggi lemak, insulin tidak bekerja dengan baik. Tubuh kita menjadi resisten terhadap insulin. Tetapi ketika jumlah lemak dalam makanan kita semakin rendah, insulin bekerja lebih baik. Namun, kita dapat menurunkan resistensi insulin dengan mengurangi asupan lemak. Kelemahan paling mengkhawatirkan dari diet rendah karbohidrat adalah kesehatan jantung: Diet Rendah Karbohidrat dan Aliran Darah Koroner.