Return to site

Kenali Minuman Dan Makanan Penyebab Diabetes

September 21, 2021

Penting untuk diketahui bahwa diabetes tidak hanya karena keturunan, namun diabetes ini terjadi karena disebabkan oleh kadar gula yang terdapat dalam beberapa jenis makanan dan minuman. Makanan dan minuman yang memiliki kandungan gula tinggi merupakan penyebab diabetes yang paling tinggi. Bahkan makanan dan minuman bisa menyebabkan peningkatan risiko komplikasi yang dapat mengakibatkan masalah fatal. Jika Anda saat ini tidak memiliki diabetes, maka bersyukurlah. Karena Anda dapat melakukan tindakan pencegahan dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Jika Anda belum memahami jenis makanan dan minuman yang harus dihindari sebagai tindakan pencegahan, berikut adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang menjadi penyebab diabetes yang perlu Anda dibatasi untuk dikonsumsi sebagai tindakan pencegahan.

1. Batasi konsumsi makanan olahan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi

Karbohidrat olahan adalah kandungan pada makanan yang didapat dari berbagai jenis makanan olahan, seperti makanan yang dibuat dengan tepung putih, gula putih, atau nasi putih. Contoh-contoh makanan tersebut adalah jenis makanan utuh yang tidak mengandung serat penting, vitamin serta mineral yang sehat. Maka dari itu, untuk mengurangi risiko diabetes, alangkah lebih baik jika Anda membatasi konsumsi makanan yang dibuat dengan karbohirat olahan. Jika Anda tidak dapat menghindari sepenuhnya, batasilah konsumsinya. Jika Anda tidak bisa membatasi, maka Anda harus bisa mengontrol gula darah Anda dengan melakukan aktivitas.

2. Hindari atau batasi konsumsi makanan dan minuman dengan pemanis gula berlebih

Makanan dan minuman yang mendapatkan tambahan gula yang lebih tinggi, seperti soda atau teh manis, atau kue merupakan makanan dan minuman yang dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2. Sebaiknya, batasilah asupan makanan dan minuman dengan tambahan gula tersebut untuk menjaga kesehatan Anda. Akan lebih baik jika Anda selalu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik dengan memperbanyak konsumsi air putih.

3. Batasi atau hindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan trans

Jenis makanan yang juga meningkatkan risiko atau menjadi penyebab diabetes adalah makanan yang mengandung lemak jenuh serta lemak trans. Baik lemak jenuh ataupun lemak trans merupakan zat yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol tinggi sendiri merupakan faktor risiko diabetes tipe 2.

4. Daging merah dan olahan

Daging merah maupun daging olahan adalah merupakan makanan yang menjadi penyebab diabetes yang harus Anda batasi. Kedua jenis daging ini merupakan makanan yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Ilustrasi (c) Unsplash.com