Return to site

Kenali Jenis Daging Yang Bisa Dikonsumsi Penderita Diabetes

November 12, 2020

Daging tanpa lemak dan daging alternatif adalah pilihan terbaik bagi penderita diabetes, yang harus menghindari lemak jenuh dan trans. Lemak tidak sehat ini dapat meningkatkan kolesterol dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Pada artikel ini, kami membahas pilihan daging sehat dan daging yang harus dihindari oleh penderita diabetes. Kami juga memberikan beberapa informasi tentang manfaat pola makan nabati untuk diabetes dan beberapa alternatif daging yang dapat dikonsumsi penderita diabetet.

Pilihan daging yang sehat

Penderita diabetes harus memilih daging tanpa lemak untuk membatasi asupan lemak tidak sehat. Sebelum melanjutkan, Ada baiknya Anda juga membaca ebook yang dibuat oleh Komite American Diabetes Association dan American Dietetic Association, yang menunjukkan pilihan daging berdasarkan kandungan protein, lemak, dan kalori. Berikut adalah daftar daging yang dapat dikonsumsi oleh Anda para penderita diabetes:

1. Daging yang sangat rendah lemak

Daging yang sangat rendah lemak memiliki 1 g lemak dan 35 kalori per porsi. National Institutes of Health (NIH) hanya mencantumkan kalkun atau dada ayam tanpa kulit yang masuk daftar ini.

2. Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak memiliki 3 g lemak dan 55 kalori. Daging ini meliputi:

  • Beberapa potongan daging sapi, seperti sirloin, flank steak, tenderloin, dan chipped beef

  • Daging sapi muda, kecuali irisan daging sapi muda

  • Unggas, termasuk ayam, kalkun, dan ayam Cornish (tanpa kulit)

  • Hewan liar, seperti daging rusa dan kelinci, dan termasuk burung pegar, bebek, dan angsa tanpa kulit

Penting untuk dicatat bahwa daging tertentu, seperti daging sapi cincang, memiliki kandungan natrium yang lebih tinggi yaitu 400 miligram atau lebih per porsi.

Daging untuk dimakan dalam jumlah sedang

Beberapa daging kurang menyehatkan daripada pilihan tanpa lemak tetapi mungkin cocok untuk dikonsumsi dalam jumlah sedang. Artinya, Anda dapat memilih beberapa daging yang disebutkan di atas, namun ingat untuk mengkonsumsinya dengan jumlah sedang.

Daging berlemak sedang

Jika Anda kesulitan mencari daging dengan lemak rendah, Anda dapat mengkonsumsi daging berlemak sedang, yang mengandung 5 g lemak dan 75 kalori per porsi 1 ons. Orang harus makan daging lemak sedang dalam porsi yang lebih kecil atau jarang memasukkannya ke dalam makanan. Daging berlemak sedang meliputi:

  • Daging giling, steak chuck, dan steak T-bone

  • Daging dan kaki domba dan domba panggang

  • Irisan daging sapi muda, baik yang digiling atau dipotong dadu dan tidak dilapisi roti

  • Unggas dengan kulit, kalkun giling, dan bebek atau angsa peliharaan

  • Hati, jantung, ginjal, dan roti manis

Daging yang harus dihindari

Penderita diabetes harus menghindari daging tinggi lemak dan olahan. Daging tinggi lemak mengandung 8 g lemak dan 100 kalori per porsi 1 ons. Daging yang harus dihindari meliputi:

  • Potongan daging sapi utama, seperti iga

  • Makanan yang terbuat dari daging domba giling

  • Daging olahan, seperti sosis, kornet dan lain sebagainya

Berapa banyak daging yang harus dimakan seseorang dalam sehari?

Jumlah daging yang harus dimakan setiap hari bervariasi sesuai dengan faktor individu, seperti usia, ukuran tubuh dan tingkat aktivitas.Menurut para ahli, seseorang yang mengonsumsi makanan 2.000 kalori per hari harus mengonsumsi 50 g protein dan kurang dari 10% kalori dari lemak jenuh.Menurut Food and Drug Administration (FDA), orang harus memilih berbagai makanan berprotein dan mengganti beberapa daging dan unggas dengan ikan dan sumber nabati.

Bisakah makan terlalu banyak daging menyebabkan diabetes?

Studi EPIC-InterAct menemukan hubungan antara konsumsi daging dan diabetes tipe 2.Para peneliti mengambil sampel dari penelitian yang diikuti lebih dari 340.000 orang dewasa di delapan negara Eropa selama lebih dari 11 tahun. Mereka mengkonfirmasi risiko yang lebih tinggi di antara individu dengan konsumsi daging yang lebih tinggi, khususnya daging merah dan olahan.

Dalam studi besar lainnya terhadap lebih dari 63.000 orang dewasa China, peneliti menemukan risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 pada orang yang makan daging merah dan mereka yang makan unggas dengan kandungan zat besi heme yang lebih tinggi.Studi ini menunjukkan pentingnya diet sehat dalam mengelola diabetes.

Ilustrasi (c) Unsplash.com