Return to site

Kenali Gejala & Tanda-Tanda Diabetes Tipe 1 Pada Anak-Anak

December 28, 2021

Diabetes tipe 1 adalah suatu kondisi di mana pankreas tidak dapat memproduksi insulin yang cukup untuk menurunkan gula darah. Ini dapat menyebabkan beberapa gejala pada anak-anak, seperti kelelahan, penglihatan kabur, dan rasa haus atau lapar yang meningkat. Diabetes tipe 1 membutuhkan pengobatan insulin seumur hidup untuk mengurangi risiko komplikasi potensial.

Diabetes adalah kondisi kesehatan serius yang menyebabkan masalah pengaturan gula darah. Kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan komplikasi serius dari waktu ke waktu. Diabetes tipe 1, sebelumnya dikenal sebagai diabetes remaja, sering muncul pada anak-anak, remaja, dan dewasa muda tetapi dapat berkembang pada usia berapa pun.

Kondisi ini berbeda dengan diabetes tipe 2, meskipun keduanya dapat terjadi pada masa kanak-kanak. Kedua jenis memiliki gejala yang sama, tetapi tipe 1 terjadi ketika sistem kekebalan seseorang menyerang sel-sel penghasil insulin di pankreas. Ini berarti tubuh mereka tidak dapat lagi memproduksi cukup atau insulin, sehingga mereka perlu mengelola hormon ini secara manual untuk mengelola kadar gula darah mereka. Tipe 2 berkembang ketika orang tidak lagi merespon insulin seefektif dulu.

Gejala diabetes tipe 1 sebagian besar sama bagi kebanyakan orang, tetapi remaja dan orang dewasa lebih cenderung memperhatikannya. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk waspada terhadap kemungkinan tanda-tanda peringatan dini terkena diabetes tipe 1. Gejala diabetes tipe 1 pada anak-anak dapat mencakup:

  • Peningkatan rasa haus dan buang air kecil
  • Penglihatan kabur
  • Kelelahan
  • Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
  • Peningkatan rasa lapar

Gejala-gejala ini biasanya terjadi dengan cepat selama beberapa hari hingga minggu. Peningkatan buang air kecil dan rasa haus biasanya merupakan beberapa tanda awal diabetes pada anak-anak. Mereka mungkin juga tampak lebih mudah marah dan gelisah dari biasanya. Timbulnya gejala diabetes tipe 1 dapat terjadi dengan ketoasidosis diabetic. Ini merupakan komplikasi serius dimana kekurangan glukosa yang masuk ke dalam sel menyebabkan tubuh memasuki keadaan ketosis. Kondisi ini adalah saat tubuh mulai memecah lemak menjadi asam yang disebut keton untuk energi. Ketoasidosis diabetic adalah merupakan kondisi darurat medis yang harus mendapatkan perawatan. Gejala-gejala yang ditimbulkan dari ketoasidosis diabetic termasuk:

  • Mual atau muntah
  • Kulit kering atau memerah
  • Sulit bernafas
  • Sakit perut
  • Kesulitan berpikir