Return to site

Kenali Gejala Hiperglikemia Pada Tubuh Anda!

October 21, 2020

Hiperglikemia merupakan suatu kondisi di mana tubuh mengalami peningkatan kadar gula darah di dalam tubuh yang pada hasil tes gula darah menunjukkan hasil di atas batas normal. Adapun setiap individu yang mengalami hiperglikemia dapat menunjukkan tanda-tanda yang berbeda. Hal ini disebabkan oleh aktivitas dan makanan yang berbeda pula. Akan tetapi, dari perbedaan-perbedaan gejala yang dapat ditemukan, ada beberapa gejala hiperglikemia yang menjadi gejala umum dan terjadi pada setiap orang yang pernah atau sedang mengalami hiperglikemia. Beberapa gejala umum tersebut diantaranya adalah:

1. Merasa lebih mudah lapar dan haus dibandingkan kondisi normal

Gejala umum yang cukup sering dialami oleh penderita glikemia dalah ketia ia sering merasa lapar dan haus. Kita tahu, di Indonesia, umumnya seseorang makan-makanan berat antara 3-4 kali sehari. Apabila ketika Anda sudah mengkonsumsi makanan dengan porsi yang sama namun merasa mudah lapar baru-baru ini, itu bisa jadi Anda sedang terancam hiperglikemia. Selain mudah lapar, Anda juga akan menjadi lebih mudah haus. Terkadang banyak orang yang beranggapan bahwa mereka sedang dehidrasi saja. Apabila Anda merasa hal tersebut juga Anda rasakan, maka sebaiknya Anda melakukan pengetesan kadar gula darah untuk memastikan bahwa Anda benar-benar dehidrasi atau sedang mengalami hiperglikemia.

2. Lebih sering buang air kecil

Hiperglikemia membuat ginjal bekerja keras untuk mempertahankan keseimbangan tubuh Anda. Jika Anda merasa bahwa akhir-akhir ini sering buang air kecil, sebaiknya Anda harus segera memperhatikan kesehatan Anda. Karena, sering buar air kecil ini merupakan salah satu tanda Anda mengalami hiperglikemia.

3. Pandangan tidak jelas

Apabila Anda sedang mengalami hiperglikemia, Anda juga akan mengalami perubahan pada kesehatan mata Anda. Umumnya, mereka yang menderita hiperglikemia mengalami masalah pada penglihatan. Yang paling mudah untuk dilakukan pengetesan apabila Anda melihat ada lingkaran saat Anda melihat cahaya.

4. Mudah lelah dan mengantuk

Anda yang sudah tidur dengan cukup, tidak beraktivitas berat, tetapi merasa bahwa tubuh Anda lelah dan masih tetap mengantuk di siang hari, coba segera periksakan kadar giua Anda sebelum melakukan pemeriksaan lain. Karena salah satu tanda Anda mengalami hiperglikemia adalah Anda mudah lelah dan mengantuk saat menjalani aktivitas.

Bahaya dari hiperglikemia

Jangan pernah meremehkan hiperglikemia, para penderita diabetes yang tidak menghiraukan hal ini dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan kerusakan pada saraf. Risiko infeksi, gangguan jantung atau bahkan stroke juga dapat mengancam Anda yang tidak menghiraukan masalah hiperglikemia.

Ilustrasi (c) Unpslash.com