Return to site

Jenis Hiperglikemia Yang Menyebabkan Kejang

May 23, 2023

Hiperglikemia adalah istilah medis untuk gula darah tinggi. Meskipun merupakan komplikasi umum dari diabetes, hiperglikemia dapat terjadi pada pasien diabetes dan non-diabetes. Jika tidak diobati, gula darah tinggi dapat menyebabkan kejang yang disebabkan oleh hiperglikemia. Sekitar 25% pasien diabetes akan mengalami kejang hal ini berdasarkan riset yang dirilis pada 2013 silam .Paling sering, kejadian seperti ini disebabkan oleh gula darah rendah. Namun, jika tidak diobati, hiperglikemia juga dapat menyebabkan hal serupa.

Jenis Hiperglikemia Yang Menyebabkan Kejang

Berikut adalah 2 jenis hiperglikemia dapat menyebabkan kejang.

1. Hiperglikemia Nonketotik
Salah satu penyebab paling umum kejang yang berhubungan dengan gula darah tinggi adalah hiperglikemia nonketotik (NKH). Ini juga disebut sindrom hiperglikemik hiperosmolar (HHS). Pada artikel ini, kami akan menyebut kondisi ini sebagai NKH, tetapi sama dengan HHS. NKH paling sering terjadi pada orang dengan diabetes tipe 2, tetapi juga dapat terjadi pada orang yang bukan merupakan pasien diabetes. Dengan kondisi ini, kadar gula darah sangat tinggi, bahkan ada yang mencapai hingga sepuluh kali lipat dari kadar sehat. Darah menjadi sangat pekat dengan glukosa dan garam, yang dapat mempengaruhi fungsi organ vital, termasuk otak. NKH paling sering terjadi pada orang tua dengan diabetes tipe 2. Faktor risiko meliputi:

  • Melewatkan atau menghentikan pengobatan diabetes
  • Infeksi atau penyakit lainnya
  • Penyakit kardiovaskular
  • Dehidrasi

Sekitar setengah dari orang yang mengalami kejang yang disebabkan oleh NKH berpotensi meninggal lebih cepat. Oleh karena itu penting untuk segera mencari bantuan jika Anda mengalami gejala yang mencakup perubahan kesadaran, atau jika Anda mendapatkan hasil test kadar gula yang tinggi dan tidak normal saat menguji kadar glukosa darah Anda. .

2. Hiperglikemia Ketotik

Jenis hiperglikemia kedua yang dapat menyebabkan kejang adalah hiperglikemia ketotik. Ini paling sering terjadi pada orang dengan diabetes tipe 1. Ketika gula darah meningkat, tubuh tidak dapat menggunakan gula darah untuk dijadikan energi. Sebaliknya, ia mulai membakar lemak. Saat lemak dibakar, mereka melepaskan bahan kimia yang disebut keton ke dalam aliran darah. Ketika keton ini menumpuk dalam kadar yang tinggi, hal ini bisa menjadi racun, mengubah darah menjadi asam. Ini adalah kondisi yang dikenal sebagai ketoasidosis diabetik (DKA).