Return to site

Jenis Buah Yang Aman & Murah Untuk Pasien Diabetes

October 19, 2021

Tidak ada manis alami yang bisa Anda dapatkan kecuali Anda mengonsumsinya dari buah segar yang Anda beli atau petik. Tetapi bagi pasien diabetes, mungkin ada beberapa kebingungan tentang seberapa banyak rasa manis buah yang dapat mereka nikmati sambil menjaga gula darah mereka tetap terkendali. Fruktosa dan glukosa alami yang ditemukan dalam buah sangat berbeda dari gula tambahan yang ditemukan pada es krim, kue, dan minuman ringan. Buah menyediakan vitamin dan mineral penting dan juga memiliki serat di dalamnya, yang menunda seberapa cepat makanan akan dicerna, sehingga glukosa akan memasuki aliran darah Anda lebih lambat.

Anda sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi buah segar atau non olahan, karena buah kering dan buah olahan besar kemungkinannya mengandung tambahan gula. Jika Anda suka mengambil buah dalam bentuk cair, konsumsilah sebagai jus dengan 100% tanpa gula, dan pertimbangkan untuk mengencerkannya dengan air yang lebih banyak. American Diabetes Association merekomendasikan untuk membatasi makanan berkarbohidrat tinggi (termasuk buah-buahan) hingga seperempat piring Anda, atau sekitar 2 hingga 3 porsi buah per hari. Pilih buah apa pun yang Anda suka, yang perlu diingat bahwa satu porsi buah sama dengan sekitar 15g karbohidrat. Di sini kami akan memberikan beberapa contoh buah yang aman untuk dinikmati jika Anda memiliki diabetes dan berapa banyak yang harus dimakan untuk satu porsi sehat. Yang paling penting pula, buah-buahan ini tidak harus mahal.

1. Pisang

Jika Anda ingin mengonsumsi pisang, pilihlah pisang yang belum 100% matang. Konsumsilah pisang yang sudah matang tetapi masih ada sedikit rasa pahit yang menyertainya. Pisang yang terlalu matang mengandung gula yang tinggi, jadi tidak baik untuk dikonsumsi oleh pasien diabetes. Batasi tiap porsi makan Anda dengan ½ potong pisan.

2. Jeruk

Tahukah Anda, meskipun Anda mengonsumsi jeruk super yang memiliki rasa manis, namun jeruk masih menjadi buahyang cocok untuk diet sehat ketika Anda memiliki diabetes. Dalam jeruk terdapat kandungan 3g serat dan 51 mg vitamin C untuk jeruk ukuran sedang. Ini pun membantu menurunkan risiko penyakit kronis. Untuk pasien diabetes, porsi aman adalah maksimal 1 buah jeruk berukuran sedang.

3. Melon

Sepotong melon berair di siang yang panas, tentu akan membantu menyegarkan tenggorokan Anda. Melon juga menjadi buah favorit di musim kemarau. Melon merupakan buah yang masuk kategori aman dikonsumsi oleh pasien diabetes. Namun, Anda tidak boleh mengonsumsi semangka, karena semangka memiliki indeks glikemik lebih tinggi. Untuk porsi yang aman adalah 1 porsi sama dengan 1 cangkir melon potong dadu sehari.

4. Stroberi

Stroberi merupakan buah yang penuh dengan antioksidan, serat, dan vitamin C, stroberi adalah pilihan yang nikmat untuk dikonsumsi. Iris dan sajikan di atas oatmeal, yogurt, atau dicampur dengan bayam dan kenari untuk salad manis. Stroberi aman untuk dikonsumsi oleh pasien diabetes, dengan porsi, 1 cangkir per hari.

5. Pear

Buah pear juga merupakan buah yang penuh dengan serat sehat, pearr adalah pilihan tepat untuk camilan renyah dan segar untuk tenggorokan. Pir merupakan buah yang aman yang dikonsumsi pasien diabetes dan dapat membantu mengelola diabetes tipe-2. Adapun untuk porsi makannya adalah 1 buah pir kecil per hari.