Return to site

Jangan Asal Olahraga! Pasien Diabetes Perlu Mengetahui Ini!

June 5, 2023

Saat Anda berolahraga, tubuh Anda mulai menggunakan gula darah sebagai sumber energi. Tubuh Anda juga menjadi lebih sensitif terhadap insulin dalam sistem Anda. Ini bermanfaat secara keseluruhan.

Namun, kedua efek ini dapat menyebabkan gula darah Anda turun ke tingkat yang rendah jika Anda menggunakan obat-obatan tertentu seperti insulin atau sulfonilurea. Untuk alasan ini, penting untuk memantau gula darah Anda sebelum dan sesudah berolahraga jika Anda menggunakan obat-obatan ini. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengetahui kadar gula darah ideal sebelum dan sesudah berolahraga.

Beberapa orang dengan diabetes mungkin perlu menghindari olahraga berat. Ini benar jika Anda memiliki beberapa bentuk retinopati diabetik, penyakit mata, tekanan darah tinggi, atau masalah kaki. Olahraga berat juga dapat meningkatkan risiko gula darah rendah beberapa jam setelah berolahraga.

Orang yang menggunakan obat yang menempatkan mereka pada risiko gula darah rendah harus berhati-hati untuk menguji gula darah lebih lama setelah olahraga berat. Selalu bicarakan dengan dokter Anda tentang pendekatan terbaik mengingat masalah kesehatan Anda yang unik.

Berolahraga di luar ruangan juga dapat memengaruhi respons tubuh Anda. Misalnya, fluktuasi suhu yang ekstrem dapat memengaruhi kadar gula darah Anda.

Apa yang harus Anda lakukan jika gula darah Anda terlalu rendah atau tinggi sebelum Anda berniat untuk berolahraga? Jika kadar gula darah tinggi dan Anda menderita diabetes tipe 1, Anda dapat menguji keton dan menghindari olahraga jika Anda positif keton. Jika kadar gula darah Anda rendah, Anda harus makan sesuatu sebelum mulai berolahraga.

Bicaralah dengan dokter Anda untuk membuat rencana yang sesuai untuk Anda.

Olahraga yang direkomendasikan untuk penderita diabetes

American Academy of Family Physicians merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda saat menentukan jenis olahraga terbaik untuk Anda, mengingat kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan. Tempat yang baik untuk memulai adalah beberapa bentuk latihan aerobik ringan, yang menantang paru-paru dan jantung Anda untuk memperkuatnya. Beberapa contoh termasuk berjalan, menari, jogging, atau mengikuti kelas aerobik.

Namun, jika kaki Anda telah dirusak oleh neuropati diabetik, Anda mungkin ingin mempertimbangkan latihan yang membuat Anda tidak bisa berdiri. Ini akan mencegah lebih banyak cedera atau kerusakan. Latihan-latihan ini termasuk mengendarai sepeda, mendayung, atau berenang. Selalu kenakan sepatu yang nyaman dan pas ditambah dengan kaus kaki yang menyerap keringat untuk menghindari iritasi.

Terakhir, jangan berpikir Anda harus menjadi pelari maraton. Sebagai gantinya, cobalah memulai dengan latihan aerobik secara bertahap selama 5 hingga 10 menit. Kemudian tingkatkan latihan Anda hingga sekitar 30 menit hampir setiap hari dalam seminggu.