Return to site

Ini Waktu Yang Tepat Untuk Mengecek Kadar Gula Darah

June 10, 2021

Seorang pasien diabetes harus selalu melakukan pengecekan gula darah secara teratur. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui apakah Anda sedang mengalami penurunan atau kenaikan gula darah. Artinya, ketika Anda memahami kondisi gula darah, Anda dapat melakukan tindakan yang tepat jika dibutuhkan. Adapun untuk mengecek gula darah, Anda harus mengerti kapan waktu yang tepat pula. Karena, masing-masing diabetes memiliki waktu yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut adalah beberapa cara untuk menemukan waktu yang tepat untuk melakukan pengecekan gula darah.

Waktu yang tepat untuk mengecek kadar gula darah bagi pasien diabetes tipe 1

Menurut ahli kesehatan, pasien diabetes tipe 1 dianjurkan untuk melakukan pengecekan minimal dua kali dan maksimal 10 kali dalam sehari. Adapun, waktu yang tepat untuk melakukan pengecekan diantaranya adalah:

  • Sebelum sarapan
  • Setelah makan siang
  • Sebelum tidur
  • Sebelum dan sesudah berolahraga
  • Saat berpuasa

Waktu yang tepat mengecek kadar gula darah bagi pasien diabetes tipe 2

Khusus untuk pasien diabetes tipe 2 memiliki waktu yang berbeda. Pengecekan ini bergantung pada apakah pasien membutuhkan insulin tambahan atau dianjurkan mengonsumsi obat tambahan. Khusus untuk Anda yang membutuhkan insulin tambahan, waktu yang tepat adalah:

  • Sebelum makan
  • Malam hari jika diperlukan
  • Sebelum tidur
  • Saat berpuasa

Sedangkan untuk pasien diabetes tipe 2 yang mengonsumsi obat tambahan, Anda dapat melakukan pengecekan saat berpuasa dan ketika hendak tidur.

Perlu Anda ketahui pula, pasien dibetes juga diharuskan untuk memahami bagaimana mengecek kadar gula darah. Pasalnya, masing-masing orang membutuhkan gula darah yang berbeda. Dokter akan menuntun Anda untuk mengetahui kadar gula yang sesuai untuk tubuh Anda. Jangan membaca hasil pengetesan tanpa bimbingan ahli kesehatan jika Anda baru saja menggunakan alat tes gula darah. Karena, jika Anda bertanya pada orang awam, bisa saja Anda mendapatkan informasi yang salah, yang justru dapat membuat Anda melakukan tindakan dan mengonsumsi makanan yang salah.

Itulah beberapa waktu yang tepat untuk mengecek gula darah yang tepat untuk pasien diabetes yang dapat kami berikan, semoga informasi ini dapat memberikan Anda informasi yang lebih baik untuk manajemen diabetes Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com