Return to site

Ini Efek Samping Dari Suntik Insulin Yang Dilakukan Oleh Penderita Diabetes

August 10, 2020

Para penderita diabetes pasti akan melakukan suntik insulin untuk menjaga kadar gula darah mereka tetap seimbang. Namun, bagi para penderita diabetes yang melakukan suntik insulin harus ingat bahwa setiap usaha yang dilakukan dengan metode medis tentu memiliki efek samping. Hal ini yang sering kali dilupakan oleh para penderita diabetes yang melakukan suntik insulin tersebut. Sebagai bagian dari edukasi kami kepada Anda, berikut adalah beberapa efek samping bagi Anda yang melakukan suntik insulin secara rutin.

1. Perubahan pada kulit

Suntik insulin yang dilakukan akan memberikan bekas pada kulit yang disebut dengan lifodistropi. Perubahan ini terjadi karena lemak yang terdapat pada kulit menghilang yang kemudian akan berdampak pada perubahan penampilan kulit. Ada satu cara yang dapat Anda lakukan yaitu dengan perawatan kulit dan juga dengan melakukan suntik insulin di beberapa tempat berbeda.

2. Suntik insulin menghasilkan resistensi insulin

Satu efek samping yang bisa dialami oleh penederita diabetes yang melakukan suntik insulin adalah terjadinya resistensi insulin dari dalam tubuh Anda. Kondisi ini akan membuat upaya Anda dalam melakukan injeksi insulin untuk mengontrol gula darah tidak berhasil atau justru kadar gula darah semakin tinggi. Kejadian ini bisa dialami oleh penderita diabetes yang melakukan suntik insulin jangka panjang.

3. Menyebabkan naiknya berat badan

Salah satu faktor yang menyebabkan berat badan naik oleh penderita diabetes adalah aktivitas suntik insulin yang mereka lakukan. Ketika Anda melakukan suntik insulin, Anda juga harus tetap menjaga kualitas makan Anda dengan baik. Ketika insulin berhasil mengubah kadar gula menjadi energi untuk tubuh Anda, maka disini akan membuat Anda mudah merasa lapar. Sebisa mungkin, Anda harus tetap mengontrol pola makan sehat selama melakukan suntik insulin agar Anda tidak mengalami kenaikan berat badan dan naiknya kadar gula darah.

4. Alergi

Jarum suntik yang digunakan untuk melakukan injeksi insulin memberi peran penting terhadap alergi. Umumnya, penderita akan merasakan gatal-gatal setelah dilakukan penyuntikan. Meskipun ini merupakan gejala ringan, Anda perlu ingat kembali bahwa jarum suntik akan membuat luka kecil pada tubuh Anda. Ketika Anda merasa gatal dan menggaruknya hingga luka semakin besar, maka Anda akan mengalami masalah yang lebih serius dari sebatas alergi.

Ilustrasi (c) Unsplash.com