Return to site

Ini Dia Peringkat Pasien Diabetes Indonesia

November 16, 2021

Diabetes adalah penyakit di mana kadar glukosa darah (gula darah) Anda terlalu tinggi. Glukosa berasal dari makanan dan insulin adalah hormon yang dibuat dalam tubuh untuk membantu glukosa masuk ke dalam sel untuk memberi mereka energi.

Ada dua jenis diabetes: tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 adalah kondisi kronis di mana pankreas menghasilkan sedikit atau tidak ada insulin. Diabetes tipe 2 adalah kondisi kronis di mana seseorang masih dapat memproduksi insulin, tetapi tubuh tidak memprosesnya dengan baik. Pradiabetes adalah kondisi dimana kadar gula darah lebih tinggi dari normal tetapi tidak cukup tinggi untuk menjadi diabetes tipe 2.

Diabetes dapat menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan termasuk masalah mata seperti glaukoma atau katarak, penyakit ginjal, tekanan darah tinggi (hipertensi), ketoasidosis diabetik (DKA), komplikasi kulit, dan komplikasi kaki. Diabetes bahkan dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, atau kebutuhan untuk mengangkat anggota tubuh. Manajemen diabetes yang tepat dan pemeriksaan rutin dapat mencegah banyak komplikasi ini.

Mereka yang memiliki riwayat keluarga diabetes tipe 1 memiliki risiko lebih tinggi untuk memiliki kondisi tersebut. Penyebab lain yang mungkin adalah bahwa sistem kekebalan tubuh sendiri secara keliru menghancurkan sel-sel penghasil insulin di pankreas alih-alih melawan bakteri dan virus berbahaya.

Mereka yang memiliki pradiabetes berisiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2, meskipun 80% orang dengan pradiabetes tidak mengetahui bahwa mereka mengidapnya. Faktor risiko pradiabetes termasuk indeks massa tubuh (BMI) di atas 25, berusia di atas 45 tahun, dan memiliki kerabat dekat dengan diabetes tipe 2. Mereka yang didiagnosis dengan pradiabetes dapat mencegah perkembangan diabetes tipe 2 dengan mengikuti diet dan olahraga rutin dan melakukan pemeriksaan rutin.

Menurut data terbaru dari Federasi Diabetes Internasional, sekitar 8,8% dunia hidup dengan diabetes pada 2019, sekitar 2,4% meningkat dari 2010 (6,4%). Ini berarti bahwa sekitar 415 juta orang di seluruh dunia hidup dengan diabetes. Ini diperkirakan akan meningkat menjadi 642 juta pada tahun 2040.

Berdasarkan data dari International Diabetes Federation (Federasi Diabetes Internasional) per 2019, Indonesia berada di urutan 108 dunia sebagai negara dengan jumlah pasien diabetes tertinggi. Meskipun berada pada kisaran yang cukup rendah, namun ini bisa terus meningkat jika masyarakat Indonesia tidak melakukan tindakan dan manajemen diabetes dengan baik.