Return to site

Ini Dia Daftar Menu Sarapan Untuk Penderita Diabetes

October 13, 2020

Penderita diabetes harus memperhatikan setiap menu makanan yang dikonsumsi, termasuk menu sarapan. Sarapan yang dikonsumsi oleh penderita diabetes tidak boleh sembarangan. Selain itu, penderita diabetes juga tidak boleh lalai dalam sarapan. Karena, seorang penderita diabetes yang tidak sarapan dapat mengalami peningkatan kadar gula darah. Maka dari itu, agar Anda tidak mengalami penyakit diabetes yang semakin parah, maka Anda harus memulai hari dengan benar melalui konsumsi sarapan yang tepat. Apabila Anda belum mengetahui menu apa saja yang harus Anda konsumsi untuk memulai hari Anda, berikut adalah daftar menu sarapan yang baik bagi penderita diabetes.

1. Outmeal

Outmeal merupakan salah satu menu makanan yang dapat Anda jadikan menu sarapan. Tapi ingat, untuk mengkonsumsi menu outmeal yang lebih gurih. Anda dapat menambahkan berbagai macam makanan tambahan yang memiliki indeks glikemik rendah jika merasa tidak dapat menikmati sarapan outmeal dengan nikmat.

2. Sayuran

Masak berbagai macam sayuran yang memiliki indeks glikemik rendah, sebagai salah satu makanan sehat pada sarapan Anda. Anda juga dapat menikmati nasi jagung untuk menjaga kenikmatan dalam mengkonsumsi sarapan. Nasi jagung yang harus Anda konsumsi adalah nasi yang bebas dari beras putih. Karena nasi putih merupakan menu masakan yang memiliki kadar gula tinggi yang tidak baik untuk para penderita diabetes.

3. Roti gandum

Gandum merupakan makanan yang baik bagi penderita diabetes. Anda dapat mengkonsumsi roti gandum sebagai salah satu varian menu sarapan Anda. Namun, pastikan roti gandum yang Anda konsumsi merupakan roti tawar atau roti yang tidak mendapatkan tambahan gula. Untuk meningkatkan rasa dan aroma, Anda dapat menambahkannya dengan minuman yang aman untuk dikonsumsi yang memiliki kandungan kadar gula terbatas yang masuk dalam kategori aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

4. Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Anda dapat membuat telor orak-arik, telor dadar dan sebagainya. Anda juga dapat mengkonsumsi telur dengan tambahan roti gandum sebagai tambahan makanan di pagi hari.

Itulah beberapa daftar menu sarapan yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Namun, ingat, Anda juga perlu memeriksakan kadar gula Anda setelah mengkonsumsi sarapan. Setiap orang yang mengkonsumsi makanan yang sama dapat memberikan efek yang berbeda untuk tubuh. Konsultasi pada dokter juga perlu dilakukan untuk memastikan bahwa Anda dapat mengkonsumsi makanan dengan tepat.

Ilustrasi (c) Unsplash.com