Return to site

Ini Cara Penderita Diabetes Jika Ingin Makan Di Restoran

August 12, 2020

Makan di luar bersama keluarga, pasangan atau teman tentu menyenangkan dan nyaman. Tetapi jika Anda menderita diabetes, wajib bagi Anda untuk tetap berpegang pada rencana untuk memenuhi gizi ketika makan di luar bisa menjadi tantangan. Untungnya, banyak restoran sekarang menawarkan pilihan sehat. Plus, menu dan informasi nutrisi sering tersedia online. Hal ini memungkinkan Anda untuk merencanakan apa yang Anda inginkan sebelum Anda sampai di restoran. Berikut ini adalah beberapa saran untuk membantu menjaga agar makanan di restoran tidak mengganggu rencana manajemen diabetes Anda.

1. Melakukan pencanaan sebelum pergi ke restoran

Periksa situs web restoran untuk melihat apakah menu dan informasi nutrisi tersedia secara online atau tidak. Karena, dengan melakukan pengecekan seperti ini merupakan pengganti alat yang baik untuk menyiapkan apa saja yang akan Anda pesan. Jika informasi nilai gizi ini tidak tersedia secara online, coba hubungi restoran untuk menanyakan apakah makanan dapat dibuat dengan sedikit garam, lemak, atau gula.

2. Jaga ukuran porsi makan ketika makan di luar

Restoran cenderung menyajikan porsi yang berbeda-beda untuk masing-masing menu. Ada beberapa menu yang kecil dan sebagiannya merupakan menu dengan porsi besar, bahkan bisa jadi porsi yang Anda dapatkan dua kali lipat dari yang biasanya Anda makan. Cobalah untuk makan dengan porsi ukuran yang sama seperti jika Anda makan di rumah. Selalu meminta makanan yang memiliki porsi kecil yang sesuai dengan kebutuhan makanan Anda yang sedang berjuang untuk melawan diabetes. Jika memang tidak ada menu dengan porsi kecil, berbagilah dengan orang-orang yang makan bersama dengan Anda.

3. Mencoba berbagai variasi makanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Sebagai penderita diabetes yang sering kali membutuhkan makanan yang terlihat enak setiap hari. Namun, karena makanan tersebut merupakan makanan yang harus Anda hindari, tentu akan sangat menyedihkan. Maka dari itu, jadikan kesempatan makan di luar ini sebagai rencana mencoba variasi makanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk mengobati diabetes atau perawatan selama diabetes. Dengan demikian, Anda akan memiliki kesempatan untuk menikmati makanan dengan cara yang berbeda meskipun bahan-bahannya sama.

4. Perhatikan minuman Anda

Soda, jus, atau milkshake yang kaya akan pemanis/gula dapat menambah banyak kalori dalam makanan Anda, terutama jika restoran menawarkan tambahan minuman yang sama secara gratis dalam bentuk promo atau apa pun. Hal ini tentu menjadi musuh bagi rencana kesehatan Anda. Maka dari itu, sebelum Anda memesan, pastikan untuk berada pada rencana dengan hanya mengkonsumsi minuman. Meminum air putih sebelum makan akan membantu Anda merasa kenyang lebih cepat. Yang artinya ini dapat mendukung rencana makan dengan porsi yang lebih sedikit untuk memenuhi poin ke #2.

Ilustrasi (c) Unsplash.com