Return to site

Hiperinsulinemia Apakah Termasuk Diabetes?

November 16, 2020

Hiperinsulinemia adalah suatu kondisi di mana jumlah insulin dalam darah Anda berada dalam posisi yang lebih tinggi daripada jumlah insulin yang masuk dalam kategori normal. Insulin merupakan hormon yang bertugas untuk membantu mengatur kadar gula dalam darah Anda. Hormon insulin ini merupakan hormon yang diproduksi oleh pankreas. Meskipun demikian, Hiperinsulinemia sendiri bukanlah penyakit diabetes. Hanya saja penyakit ini sering dikaitkan dengan diabetes tipe 2. Meskipun sering dikaitkan, kondisi kedua penyakit ini tidaklah sama.

Hiperinsulinemia lumrahnya terjadi dikarenakan terjadi resistensi pada insulin. Hal ini kemudian dapat memicu seseorang yang terkena hiperinsulinemia menjadi seorang penderita diabetes tipe 2. Resistensi insulin ini merupakan suatu kondisi di mana sel di dalam tubuh seseorang tidak dapat memanfaatkan insulin dengan efektif. Dari resistensi insulin inilah kemudian seseorang mengalami kenaikan gula darah. Tingginya kadar gula dalam darah membuat pankreas bekerja untuk memproduksi lebih banyak insulin guna menetralkan jumlah kadar gula darah.

Hiperinsulinemia dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 yang disebabkan oleh fungsi pankreas dalam memproduksi insulin tidak maksimal karena ia bekerja tidak semestinya sebelum seorang penderita hyperinsulinemia mengalami diabetes. Rusaknya fungsi pankreas ini pun membuat produksi insulin menurun dari yang sebelumnya mengalami kelebihan insulin. Apabila kontrol produksi insulin dalam tubuh tidak seimbang, atau lebih rendah dari kebutuhan tubuh, maka tubuh tidak lagi memiliki insulin yang cukup guna mengontrol gula darah.

Perlu Anda ketahui, penyakit hyperinsulinemia ini merupakan penyakit yang sering kali tidak menimbulkan gejala apa pun bagi sebagian besar penderitanya. Hal inilah yang kemudian pakar kesehatan menyebutkan bahwa hyperinsulinemia sebagai penyakit “silent desease” karena banyak orang yang tanpa sadar terkena hyperinsulinemia. Selain risiko munculnya diabetes tipe 2 pada penderita, kasus yang lebih mengerikan dapat ditemukan oleh penderita hyperinsulinemia yaitu risiko terkena penyakit tumor insulinoma. Tumor insulinoma ini terjadi karena kondisi kadar gula dalam tubuh rendah atau yang disebut dengan hipoglikemia. Untuk melakukan tindakan pencegahan, Anda dapat melakukan kontrol melalui mengkonsumsi sayuran dan buah. Namun, jangan lupa untuk memeriksakan diri ke dokter secara rutin untuk memantau dan mendapatkan masukan yang terbaik sesuai dengan karakter tubuh Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com