Return to site

Hindari Komplikasi Penyakit Diabetes Dengan Menjalankan 6 Hal Ini!

January 12, 2023

Menjaga diabetes Anda terkendali akan membantu Anda mencegah masalah jantung, saraf, dan kaki. Jika Anda saat ini masih belum terbiasa untuk mengelola diabetes, maka Anda harus melakukannya sekarang juga. Karena, mengelola diabetes merupakan inti untuk menjaga hidup Anda agar terhindar dari komplikasi. Lalu, apa yang harus Anda lakukan? Berikut daftarnya untuk Anda.

 

1. Menurunkan berat badan

Terus menjaga target agar berat badan tetap ideal dan sehat, dapat membantu mengontrol gula darah Anda. Dokter, ahli diet, dan instruktur olahraga Anda dapat membantu Anda memulai rencana yang akan berhasil untuk Anda jika dijalankan dengan baik

 

2. Periksa kadar gula darah Anda setidaknya dua kali sehari

Periksa kadar gula darah Anda, apakah tetap berada dalam kisaran yang disarankan oleh dokter Anda? Jangan lupa untuk mencatat hasil yang Anda dapatkan setiap pemeriksaan, sehingga Anda dapat memantau kemajuan Anda dan perhatikan bagaimana makanan dan aktivitas memengaruhi level Anda.

 

3. Tes darah A1C

Tes ini dilakukan untuk mengetahui rata-rata gula darah Anda selama 2 hingga 3 bulan terakhir. Kebanyakan orang dengan diabetes tipe 2 harus menargetkan A1c 7% atau lebih rendah. Tanyakan kepada dokter Anda seberapa sering Anda perlu melakukan tes A1c.

 

4. Pantau karbohidrat Anda

Ketahui berapa banyak karbohidrat yang Anda makan dan seberapa sering Anda mengonsumsinya. Mengelola karbohidrat Anda dapat membantu menjaga gula darah Anda terkendali. Pilih karbohidrat berserat tinggi, seperti sayuran hijau, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

 

5. Kendalikan tekanan darah, kolesterol, dan kadar trigliserida Anda

Diabetes membuat penyakit jantung lebih mungkin terjadi, jadi perhatikan baik-baik tekanan darah dan kolesterol Anda. Bicarakan dengan dokter Anda tentang menjaga kolesterol, trigliserida, dan tekanan darah Anda. Minum obat sesuai resep apabila Anda mendaapatkan resep dari dokter.

 

6. Terus bergerak dan berolahraga

Olahraga teratur dapat membantu Anda mencapai atau mempertahankan berat badan yang sehat. Olahraga juga mengurangi stres dan membantu mengontrol tekanan darah, kolesterol, dan kadar trigliserida. Lakukanlah setidaknya 30 menit sehari latihan aerobik 5 hari seminggu. Cobalah berjalan, menari, aerobik ringan, berenang, tenis, atau sepeda. Mulailah lebih lambat jika Anda tidak aktif sekarang. Anda dapat membagi waktu 30 menit -- katakanlah, dengan berjalan kaki 10 menit setelah makan. Sertakan latihan kekuatan dan peregangan pada beberapa hari juga.