Return to site

Hati-Hati Jika Anda Mengalami Sakit Pada Tangan atau Kaki!

December 2, 2022

Banyak orang dewasa mengalami nyeri kronis, namun sedikit yang diketahui tentang konsekuensi nyeri tersebut di antara individu dengan diabetes. Berdasarkan hasil penelitian, 60% responden yang memiliki diabetes mengalami nyeri kronis . Nyeri adalah salah satu gejala paling umum yang dilaporkan ke profesional perawatan kesehatan di mana sebagian besar diklasifikasikan sebagai kondisi kronis. Untuk beberapa pasien, nyeri sangat erat kaitannya dengan komplikasi diabetes, sementara yang lain yang mengalami nyeri tidak mengalaminya hanya karena gejala diabetes. Terlepas dari mengapa nyeri kronis dialami oleh seseorang, penelitian telah membuktikan bahwa sulit untuk mengelolanya sendiri karena sering menyebabkan peningkatan kadar glukosa darah.

Nyeri kronis yang paling sering dilaporkan adalah masalah neuropati di tangan atau kaki atau nyeri punggung. Nyeri neuropati dapat dialami ketika terjadi kerusakan saraf di kaki dan tangan yang biasa ditemukan pada pasien diabetes. Seiring dengan gejala ini, pasien juga melaporkan hilangnya fungsi otot dan sendi karena nyeri dan merasa kaku. Nyeri diabetes juga menyebabkan kelelahan yang dapat memburuk kondisi pasien diabetes. Adakah yang bisa dilakukan untuk membantu pasien diabetes yang jugamengalami sakit kronis?

Apa Itu Nyeri Kronis?

Nyeri kronis jauh lebih intens daripada nyeri akut karena sistem saraf pasien diabetes menginterpretasikan sinyal nyeri berdasarkan pemetaan yang menginterpretasikan reseptor nyeri serta berbagai sensasi yang dikirim ke otak. Semua data yang diterima otak Anda memperumit rasa sakit kronis yang menggabungkan banyak penyakit yang dirasakan di seluruh tubuh. Beberapa reseptor nyeri mengenali cedera yang belum sembuh. Dengan nyeri diabetes, juga dari kerusakan saraf dan neuropati ini dapat menjadi penyakit nyeri permanen. Tidak peduli sejauh mana cedera Anda, nyeri akut dapat menjadi lebih parah jika tidak diobati, itulah sebabnya intervensi dini sangat penting untuk manajemen nyeri.

Diabetes, khususnya, akan meningkatkan tingkat rasa sakit karena kepekaan terhadap otot dan saraf. Dengan sedikit gerakan, otot akan menjadi kurang aktif yang akan meningkatkan tingkat nyeri. Karena nyeri kronis menyebabkan beberapa kondisi medis, pada akhirnya juga akan mengganggu gaya hidup, pekerjaan, kehidupan rumah, dan pola tidur Anda yang berdampak buruk pada kehidupan pasien. Nyeri kronis juga akan menyebabkan kecemasan atau depresi yang meningkatkan kepekaan terhadap nyeri.

Bagaimana Nyeri dan Mengobati Nyeri Diabetik?

Setiap pasien diabetes berbeda, itulah sebabnya rencana perawatan yang disesuaikan adalah rencana tindakan terbaik. Nyeri kronis akan menurunkan kondisi fisik dan mental yang akan memengaruhi rencana pengobatan karena siklus nyeri diabetes. Menemukan akar penyebab serta faktor-faktor yang berkontribusi terhadap adanya nyeri kronis memungkinkan pasien untuk memiliki kontrol lebih besar atas perawatan dan kenyamanan mereka. Pasien sering menggabungkan beberapa rencana perawatan yang mencakup hambatan fisik, masalah neurologis, emosional, dan perawatan alternatif yang mencakup inisiatif perawatan kesehatan lainnya.

Cara yang paling sering dilakukan untuk mengobati nyeri diabetes kronis termasuk obat anti-inflamasi dan nyeri saraf, terapi fisik dan akuatik, pijat, olahraga, stimulasi saraf listrik transkutan, akupunktur, angkat beban, yoga, akupresur, biofeedback, dan manipulasi terapeutik . Akses ke spesialis kesehatan mental juga penting. Namun, semua jenis pengobatan ini bukanlah jenis pengobatan yang bisa cocok pada Anda. Sebelum memutuskan untuk memilih jenis pengobatan, konsultasikan dengan dokter Anda dengan memberikan informasi yang dibutuhkan terkait rasa nyeri yang Anda alami. Hal ini akan membantu dokter untuk memberikan obat yang paling sesuai untuk Anda.