Return to site

Hasil Studi: Diabetes Tipe 1 & Tipe 2 Serta Hubungannya Dengan COVID-19

July 6, 2020

Pemahaman awal tentang coronavirus novel dan merujuk pada rekomendasi CDC yang sebagian besar mendorong kebijakan dan perilaku seluruh warga diseluruh dunia. Karena virus Corona sendiri telah tumbuh secara eksponensial di seluruh benua. Dari sekian banyak data yang menyebutkan siapa yang rentan terkena COVID dengan risiko kematian yang tinggi, tekanan darah tinggi adalah yang pertama kali diidentifikasi sebagai salah satu faktor dengan risiko utama, namun akhir-akhir ini dianggap tidak terlalu menjadi faktor. Obesitas, yang pada awalnya tidak diidentifikasi sebagai risiko, tampak semakin berbahaya. Dan mungkin yang paling mengejutkan adalah perokok tampaknya kurang cenderung sakit atau meninggal karena COVID-19.

Studi yang cukup rinci yang kami ketahui diterbitkan sebagai pra-cetak bulan lalu, yang dirilis berdasarkan data dari National Health Service Inggris. Studi ini dilaksanakan dalam dua bagian. Dalam penelitinan yang pertama (PDF), para peneliti menganalisis data kematian kasar untuk mendapatkan pandangan luas tentang berapa banyak orang dengan diabetes meninggal selama pandemi. Pada bagian kedua (PDF) menyelami rincian tentang kematian COVID-19 di rumah sakit.

Seperti halnya bagi mereka yang tidak menderita diabetes, usia lanjut adalah salah satu faktor risiko yang paling besar, dengan risiko meningkat dengan cepat seiring bertambahnya usia. Mereka yang berusia di atas 80 adalah sekitar delapan kali lebih mungkin meninggal selama dirawat di rumah sakit karena COVID-19 daripada mereka yang berusia 50-an. Demikian juga, pria dengan diabetes tipe 2 lebih mungkin meninggal daripada wanita. Komorbiditas (penyakit yang menyertai) lain, seperti riwayat stroke atau gagal jantung, juga diperkirakan meningkatkan risiko kematian. Ras yang berbeda memiliki rasio bahaya yang berbeda, dengan orang kulit hitam mengalami hasil terburuk. Kesenjangan sosial ekonomi, juga meningkatkan kemungkinan kematian. Para penulis dari studi ini menekankan pada kondisi yang kita masih miliki kemampuan untuk berubah, agar segera melakukan perubahan. Mereka menggarisbawahi satu pesan dalam kesimpulan yang mereka buat:

“Hiperglikemia dan obesitas pada diabetes tipe 1 dan tipe 2 secara independen memiliki hubungan terkait dengan peningkatan kematian COVID-19. Kontrol faktor risiko dapat mengurangi dampak COVID-19 pada diabetes. "

Pencegahan hiperlgikemia (gula darah tinggi) telah diidentifikasi oleh banyak orang sebagai elemen yang sangat penting dari pencegahan dan kontrol COVID-19, bahkan pada mereka yang tidak menderita diabetes. Oleh karena itu, tidak mengejutkan jika mengetahui bahwa kontrol gula darah dianggap menjadi faktor signifikan dalam kematian pada COVID-19. Di antara mereka yang menderita diabetes tipe 2, risiko kematian yang disebabkan oleh COVID-19 ditemukan lebih tinggi dibandingkan diabetes tipe 1.

Obesitas adalah faktor utama kedua yang dibahas dalam penelitian ini. Obesitas berat (BMI 40+) ditemukan meningkatkan rasio bahaya sebesar 64%. Namun, untuk pasien di bawah level itu, risikonya tidak ekstrem. Mereka dengan Obesitas Kelas 2 (BMI 35-40) sebenarnya tidak lebih mungkin meninggal daripada pasien dengan berat badan "sehat". Hasil ini berdasarkan apa yang disampaikan oleh CDC yang awalnya mengkategorikan hanya orang yang sangat gemuk sebagai pasien "berisiko lebih tinggi".

Singkatnya, jika Anda menderita diabetes tipe 2, faktor risiko yang paling signifikan (usia, jenis kelamin, ras, dan riwayat kesehatan Anda) kemungkinan besar ada di luar kendali Anda. Satu-satunya metode paling penting yang kami miliki untuk mengurangi risiko adalah untuk menghindari infeksi sejak awal: bahkan ketika ekonomi dibuka kembali, kebersihan infeksi dan jarak sosial masih harus dilakukan sebanyak mungkin.

Bagi mereka dengan obesitas berat dan kontrol glukosa darah di bawah standar, masih ada waktu untuk memperbaiki risiko tersebut melalui perubahan pola makan dan gaya hidup. Upaya untuk menurunkan berat badan dan menurunkan gula darah kemungkinan akan meningkatkan kemampuan Anda untuk melawan COVID-19.

Ilustrasi (c) Unsplash.com