Return to site

Hal Yang Harus Dihindari Saat Mengontrol Gula Darah

October 12, 2021

Menjalankan pola manajemen diabetes yang sederhana dengan diet dan gaya hidup memainkan peran penting. Mempertahankan kadar gula darah yang sehat membantu mencegah komplikasi yang terhubungt dengan kondisi diabetes. Stres, gaya hidup yang tidak banyak bergerak, pilihan makanan yang buruk dan siklus tidur yang tidak sehat adalah beberapa faktor yang selanjutnya dapat mempersulit manajemen diabetes. Sementara itu, gaya hidup dan kebiasaan makan yang buruk dapat menyebabkan diabetes tipe-2, diet seimbang dan gaya hidup yang lebih baik dapat memainkan peran besar dalam mengelolanya. Hindari beberapa kesalahan ini untuk mengontrol kadar gula darah agar berjalan dengan baik.

1. Hindari gaya hidup yang tidak banyak bergerak

Gaya hidup yang tidak banyak bergerak dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan termasuk penambahan berat badan dan kadar gula darah. Gaya hidup aktif tidak hanya baik untuk kadar gula darah Anda tetapi dapat membantu memastikan kesehatan yang optimal. Kembangkan rutinitas olahraga secara bertahap. Jangan melakukan rutinitas olahraga berat pada hari pertama karena dapat menyebabkan penurunan gula darah secara tiba-tiba.

2. Hindari diet rendah lemak sehat

Lemak harus menjadi bagian penting dari diet harian Anda seperti nutrisi lainnya. Banyak yang benar-benar menghilangkan lemak dari makanan mereka termasuk yang sehat. Berhentilah untuk menghindari lemak sehat. Jenis lemak yang harus Anda hindari salah satunya adalah lemak jenuh dan terlalu banyak lemak jenuh tidak baik untuk kesehatan Anda. Lemak sehat dari kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak murni berkontribusi pada kesehatan jantung dan diabetes yang lebih baik.

3. Jarak antar waktu makan yang panjang

Jika Anda merupakan pasien diabetes, cobalah untuk meminimalkan jarak antara waktu makan. Kesenjangan yang besar antara waktu makan dapat membuat Anda makan lebih banyak pada waktu makan berikutnya, yang menyebabkan fluktuasi gula darah. Pakar kesehatan sering menyarankan agar makan dengan porsi lebih kecil, namun lebih sering untuk menjaga kadar gula darah Anda tidak mengalami perubahan yang signifikan. Pilih camilan sehat untuk mengisi celah di antara waktu makan. Konsultasikan pada dokter mengenai porsi yang tepat untuk Anda.

4. Stres yang tidak terkendali

Stres lebih berbahaya daripada yang Anda pikirkan. Ini dapat memengaruhi hormon, kesehatan mental, serta kesehatan fisik Anda. Stres kronis juga berbahaya bagi pasien diabetes. Menurut penelitian, stres dapat meningkatkan kadar gula darah dan memengaruhi kesehatan jantung Anda.

5. Siklus tidur yang buruk

Tidur mengatur berbagai fungsi tubuh selain memberikan istirahat bagi tubuh. Tidur juga sudah memberikan peran terhadap sebagian besar keseimbangan hormon Anda ketika Anda tidur dan meringankan beban Anda saat mengalami stres. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan siklus tidur yang sehat.