Return to site

Hal-Hal Yang Harus Anda Ketahui Mengenai Diabetes Tipe 1

January 11, 2021

Diabetes adalah suatu kondisi di mana tubuh tidak dapat membuat cukup insulin, atau tidak dapat menggunakan insulin secara normal. Sedangkan untuk diabetes tipe 1 adalah kondisi dimana tubuh mengalami kelainan autoimun.

Kelainan autoimun ini adalah kondisi dimana sistem kekebalan tubuh merusak sel-sel pada pankreas yang berperan sebagai produsen insulin di dalam tubuh kita secara alami. Insulin merupakan hormon yang dapat membantu mengkonversi gula (glukosa) dalam darah masuk ke sel-sel tubuh untuk digunakan menjadi enerrgi. Ketika glukosa tidak dapat masuk ke dalam sel menjadi energi, kondisi ini pun membuat kadar gula mengalami penumpukan di dalam darah. Penumpukan kadar gula dalam tubuh ini dalam dunia medis disebut dengan gula darah tinggi (hiperglikemia).

Kadar gula darah yang tinggi ini dapat menimbulkan masalah di seluruh tubuh. Dapat merusak pembuluh darah dan saraf. Hal ini juga bisa membahayakan mata, ginjal, dan jantung. Sedangkan efek yang paling umum adalahdapat menyebabkan gejala kelelahan karena tubuh kekurangan suplai energi yang dihasilkan dari konversi gula darah menjadi energi.

Perlu Anda ketahui, diabetes mellitus tipe 1 adalah penyakit yang dapat diderita oleh penderitanya jangka panjang. Penyakit ini tidak mengenal usia, artinya penyakit ini bisa dimulai pada usia berapa pun. Kegagalan pankreas dalam memproduksi insulin dari pankreas secara alami ini pun harus diganti dengan suntikan insulin atau pompa insulin agar tubuh dapat mengubah gula menjadi energi. Akan tetapi, Anda juga harus mengerti bahwa Ada dua bentuk diabetes tipe 1. Tipe yang pertama adalah diabetes yang disebabkan oleh sel-sel kekebalan dalam tubuh. Ini adalah kondisi yang terjadi karena kelainan autoimun di mana sistem kekebalan tubuh merusak sel-sel di pankreas yang memproduksi insulin. Kondisi ini adalah kondisi penyebab diabetes tipe 1 yang paling umum terjadi. Sedangkan tipe yang kedua adalah idiopatik tipe 1. Idiopatik tipe 1 adalah penyakit langka yang mana penyebabnya masih belum diketahui.

Perlu Anda ketahui pula, diabetes tipe 1 merupakan diabetes yang dapat berpengaruh pada gen Anak. Ketika Anda memiliki diabetes tipe 1, anak Anda juga akan terancam mengalami penyakit yang sama. Umumnya, ini akan mulai diketahui mulai dari usia 4 tahun ke atas. Jadi, sebelum semuanya terlambat, Anda dapat melakukan tindakan pencegahan mulai dari memperbaiki gaya hidup sehat, rajin olahraga dan juga dapat mengkonsumsi obat herbal diabetes DMPhas. Ini akan membantu Anda dalam menjaga tubuh tetap sehat dan mencegah terjadinya diabetes tipe 1 yang dapat terjadi pada siapapun dengan usia berapa pun.

Ilustrasi (c) Unsplash.com