Return to site

Gejala Hiperglikemia (Kadar Glukosa Darah Tinggi)

June 28, 2021

Jika Anda mengunjungi kamar kecil lebih sering dari biasanya, mungkin ada sesuatu dengan tubuh Anda. Salah satunya adalah hiperglikemia atau kadar glukosa darah tinggi yang mana ini dapat menyebabkan rasa haus, sering buang air kecil, dan bahkan penurunan berat badan.

Hal ini terjadi karena ketika kadar glukosa Anda meningkat, Anda akan mulai kehilangan glukosa melalui urin Anda. Saat glukosa menarik lebih banyak air ke dalam urin, Anda merasa haus dan sering buang air kecil. Jika penurunan glukosa ini berlangsung lebih lama, Anda mungkin juga mengalami penurunan berat badan.

Mengapa dan kapan harus menguji kadar glukosa darah

Dokter biasanya akan mengatur tes darah yang dikenal sebagai HbA1c pada setiap kunjungan ke klinik. Ini memperkirakan tingkat glukosa rata-rata Anda selama 3 bulan terakhir. Namun, kadar glukosa bisa sangat berfluktuasi sepanjang hari. Karena HbA1c dilakukan hanya sekali setiap 3-4 bulan, secara berkala memeriksa kadar glukosa harian Anda dan seberapa tinggi atau rendahnya, dapat membantu Anda membuat perubahan tepat waktu melalui gaya hidup dan pilihan diet Anda. Berbagi catatan glukosa darah Anda dengan tim medis Anda memberi mereka informasi yang lebih baik untuk menyesuaikan obat Anda dengan tepat.

Kapan waktu terbaik untuk menguji kadar glukosa Anda?

Gula darah dalam kondisi normal

  • Pra-makan (sebelum Sarapan, Makan Siang atau Makan Malam) 4 - 8 mmol / L
  • Pada waktu tidur 6 - 8 mmol / L

Anda juga harus memperhatikan camilan yang Anda konsumsi di sela waktu makan. Karena camilan dapat menyebabkan hasil tes gula darah Anda melebihi target.

Mengapa glukosa darah saya tinggi padahal saya tidak makan apa-apa?

Tahukah Anda: Bahkan selama periode puasa, hati Anda melepaskan glukosa yang tersimpan ke dalam darah Anda. Orang dengan diabetes memiliki pelepasan glukosa yang relatif lebih tinggi dari hati mereka, oleh karena itu glukosa Anda mungkin tinggi bahkan saat Anda belum makan apapun.

Yang harus dilakukan: Ada beberapa obat yang dapat membantu kadar glukosa puasa Anda menjadi lebih baik. Bicaralah dengan tim medis Anda untuk mengetahui lebih lanjut.

Sebaiknya beri tahu dokter Anda yang lain tentang kondisi diabetes Anda sehingga mereka dapat menilai obat apa untuk flu / pilek atau kondisi medis lainnya yang lebih sesuai untuk Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com