Return to site

Gangguan Pada Pankreas Yang Harus Anda Ketahui

March 7, 2022

 

 

Pada artikel sebelumnya kami telah menjelaskan sedikit fungsi pankreas untuk tubuh Anda. Pada kesemptan kali ini, kami akan membahas tentang beberapa masalah yang dapat dialami oleh pankreas dan pengaruhnya terhadap tubuh Anda. Misalnya, jika pankreas tidak menghasilkan enzim pencernaan yang cukup, makanan tidak akan terserap dengan baik. Ini dapat menyebabkan penurunan berat badan dan diare. Pulau Langerhans bertanggung jawab untuk mengatur glukosa darah. Produksi insulin yang terlalu sedikit akan meningkatkan risiko diabetes, dan kadar glukosa darah akan meningkat.

 

Gangguan-gangguan yang dapat terjadi pada pankreas Anda

 

1. Pankreatitis

Pankreatitis mengacu pada peradangan pankreas akut atau kronis. Ini dapat menyebabkan diabetes sekunder. Peradangan dapat terjadi jika saluran utama dari pankreas tersumbat oleh batu empedu atau tumor. Cairan pankreas akan menumpuk di pankreas sehingga menyebabkan kerusakan pada pankreas. Pankreas mungkin mulai mencerna dirinya sendiri. Pankreatitis bisa terjadi akibat gondongan, batu empedu, trauma dan penggunaan alkohol, steroid, dan obat-obatan. Pankreatitis akut jarang terjadi, tetapi membutuhkan perhatian medis segera. Gejalanya meliputi:

  1. sakit perut hebat, nyeri tekan, dan bengkak
  2. mual dan muntah
  3. demam
  4. Nyeri otot

Perawatan segera biasanya dengan cairan dan obat penghilang rasa sakit. Penderita sering kali tidak mau makan di awal, tetapi jika pankreatitisnya ringan, mereka akan mulai makan lagi dengan relatif cepat. Jika infeksi sekunder telah terjadi, pembedahan mungkin diperlukan.

 

Pankreatitis kronis dapat berkembang jika pankreatitis akut terjadi berulang kali, kondisi ini dapat mengakibatkan kerusakan permanen. Penyebab paling umum adalah penyalahgunaan alkohol, dan sebagian besar memengaruhi pria paruh baya. Gejalanya meliputi:

  1. Nyeri secara terus-menerus di perut bagian atas dan punggung
  2. Penurunan berat badan
  3. Diare
  4. Diabetes
  5. Penyakit kuning ringan

 

2. Kanker pankreas

Kanker bisa berkembang di pankreas. Penyebab pastinya sering tidak diketahui, tetapi sering dikaitkan dengan merokok atau minum alkohol secara berlebihan. Faktor risiko lainnya termasuk:

  1. Diabetes
  2. Pankreatitis kronis
  3. Masalah hati
  4. Infeksi perut

Adapun gejalanya meliputi beberapa hal berikut ini:

  • Nyeri di perut bagian atas saat tumor mendorong saraf
  • Penyakit kuning, kulit dan mata yang menguning dan urin menjadi gelap karena kanker mengganggu saluran empedu dan hati
  • Kehilangan nafsu makan, mual, dan muntah
  • Penurunan berat badan dan kelemahan yang signifikan
  • Feses pucat atau abu-abu, dan kelebihan lemak di feses

 

Gejala mungkin tidak muncul sampai kanker berada pada stadium lanjut. Pada saat itu, mungkin sudah terlambat untuk pengobatan yang berhasil. Prognosis untuk kanker pankreas cenderung buruk. Perawatan biasanya melibatkan pembedahan, kemoterapi, radiasi, atau kombinasi keduanya. Perawatan paliatif akan fokus pada pengurangan rasa sakit.

 

Diabetes

Diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimun. Itu terjadi ketika sistem kekebalan menyerang dan menghancurkan sel beta di pankreas sehingga mereka tidak dapat lagi memproduksi insulin. Penyebab pastinya masih belum diketahui, tetapi mungkin karena faktor genetik dan lingkungan, termasuk virus.

 

Diabetes tipe 2 dimulai ketika otot, lemak, dan sel hati tubuh tidak dapat memproses glukosa. Pankreas bereaksi dengan memproduksi insulin ekstra, tetapi pada waktunya, tidak dapat menghasilkan cukup insulin. Tubuh tidak bisa lagi mengontrol kadar glukosa darah.

Image source: Everyday Health