Return to site

Diet Sehat Untuk Pasien Diabetes, Apa Saja Jenis Diet Yang Tepat Untuk Anda?

June 11, 2021

Banyak jenis diet yang mengklaim memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tetapi pedoman yang lebih baru untuk penderita diabetes tipe 2 mengatakan bahwa tidak hanya ada satu jenis diet untuk manajemen diabetes, kenyataannya adalah ada berbagai pola makan berbasis diet yang dapat berhasil diterapkan untuk manajemen diabetes. Bagaimana Anda memilih yang tepat untuk Anda? Sebelum Anda memutuskan untuk berkomitmen pada diet tertentu, berikut beberapa kiat yang terbukti benar:

1. Makan lebih banyak sayuran

Berbagai jenis sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan wortel. Sayuran atau salad mentah atau dimasak - sulit untuk makan terlalu banyak dari kelompok makanan ini. Makanlah saat makan dan untuk camilan.

2. Minimalkan tambahan gula dan biji-bijian olahan

Pilih sereal dan roti tanpa tambahan gula atau gula tambahan yang sangat rendah dan minumlah air putih sebagai minuman utama Anda.

3. Pilih makanan utuh daripada makanan olahan sebanyak mungkin

Carilah biji-bijian di atas biji-bijian olahan. Hindari atau kurangi makan makanan junk food, makanan yang digoreng atau makanan dengan kuah dan saus yang kental.

Selanjutnya, Anda perlu mempelajari bagaimana menerapkan diet untuk Anda. Ada banyak diet di luar sana yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat badan. Tetapi daftar kami menyoroti beberapa diet yang lebih baik untuk pasien diabetes. Apa diet terbaik untuk penderita diabetes?

Pola makan yang baik menawarkan nutrisi yang lengkap:

1. Diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension)

Diet ini dibuat untuk membantu menurunkan tekanan darah (dinamai Dietary Approaches to Stop Hypertension), jika Anda menjalankan diet DASH dengan benar, maka Anda akan merasakan manfaat jauh melampaui itu. Ini adalah rencana nutrisi yang menyeluruh dan sehat untuk semua orang, tidak hanya jika Anda menderita diabetes. DASH kaya akan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, serta rendah lemak, gula, dan natrium.

2. Mediterania

Diet Mediterania didasarkan pada gaya makan orang-orang di Yunani, Prancis Selatan, dan Italia. Cara makan ini kaya akan sayuran, kacang-kacangan dan lemak sehat. Misalnya, untuk mendapatkan sebagian besar kalori, Anda mengonsumsi biji-bijian, lalu buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan, dan terakhir, produk susu.

Anda bisa makan beberapa lemak sehat seperti yang berasal dari alpukat dan minyak zaitun setiap hari. Makan permen, telur, unggas dan ikan hanya beberapa kali setiap minggu dan daging merah hanya beberapa kali setiap bulan.

3. Pola makan nabati

Kebanyakan pola makan nabati dapat menghentikan dan membatasi keinginan untuk daging. Pola makan nabati tidak mengonsumsi daging dan produk susu. Diet vegetarian menghentikan makan daging, tetapi memperbolehkan makanan seperti telur dan keju. Pola makan yang fleksibel sebagian besar berbasis tumbuhan dengan beberapa protein hewani.

4. Diet rendah lemak

Diet ini mencakup sumber protein tanpa lemak (termasuk kacang-kacangan / lentil), setidaknya setengah dari biji-bijian harian Anda berasal dari biji-bijian, sayuran, buah-buahan, dan pilihan produk susu rendah lemak. Total lemak sekitar 30% kalori dari lemak dengan lemak jenuh 10% atau kurang.

Ilustrasi (c) Unsplash.com