Return to site

Diabetes Meningkatkan Risiko Mikrovaskular dan Makrovaskular

September 1, 2021

Diabetes dan komplikasi berhubungan dengan kerusakan jangka panjang dan kegagalan berbagai sistem organ. Bahkan diabetes dapat mengancam mekanisme patogenik komplikasi mikrovaskular dan makrovaskular diabetes dan respons yang berbeda terhadap intervensi terapeutik menjadi kabur. Diabetes menginduksi perubahan mikrovaskular, menyebabkan sintesis protein matriks ekstraseluler, dan penebalan membran basal kapiler yang merupakan gambaran patognomik mikroangiopati diabetik. Perubahan ini dalam hubungannya dengan glikasi, stres oksidatif, peradangan tingkat rendah, dan neovaskularisasi vasa vasorum dapat menyebabkan komplikasi makrovaskular. Hiperglikemia adalah penyebab utama mikrovaskulopati tetapi juga memainkan peran penting dalam penyebab makrovaskulopati.

Diperkirakan ada persimpangan antara komplikasi vaskular mikro dan makro, tetapi kedua gangguan tersebut sangat saling berhubungan, dengan penyakit vaskular mikro yang memicu aterosklerosis melalui proses seperti hipoksia dan perubahan vasa vasorum. Dengan demikian sangat penting untuk memahami apakah komplikasi mikrovaskular jelas mendahului komplikasi makrovaskular atau keduanya berkembang secara bersamaan sebagai sebuah kontinum. Ini akan memungkinkan pemfokusan ulang pada masalah klinis dengan perspektif pemersatu yang dapat meningkatkan hasil diabetes mellitus tipe 2.

Keterlibatan jantung pada diabetes mungkin bukan hanya penyakit makrovaskular di mana ada faktor yang berkontribusi terhadap perkembangan kardiomiopati diabetik mengenai asam lemak dan gangguan struktur makrovaskular kompleks glukosa seperti hipertrofi dan hilangnya fungsi karena glikasi tetapi juga keterlibatan mikrovaskular. Aterosklerosis pada arteri besar serta kardiomiopati pada diabetes, komponen mikrovaskular dapat berjalan beriringan

Oleh karena itu, perubahan pada arteri kecil dan kapiler tidak hanya bertanggung jawab untuk komplikasi jangka panjang mikrovaskuler pada pasien diabetes (retinopati, nefropati, dan neuropati) tetapi juga untuk manifestasi lain dari penyakit jantung pada diabetes.

Kontrol glukosa darah yang baik meningkatkan pencegahan penyakit mikrovaskular dan harus diterapkan sejak dini dan dipertahankan untuk jangka waktu yang optimal. Kontrol yang tepat dari tekanan darah serta dislipidemia sangat penting dalam pencegahan penyakit makrovaskular selain kontrol glikemik. Pasien dengan komplikasi mikrovaskular tampak sangat rentan terhadap percepatan aterosklerosis dan kematian dini. Neovaskularisasi yang timbul dari vasa vasorum dapat menghubungkan makro dan mikroangiopati.

Gambaran yang lebih jelas tentang respons yang berbeda terhadap intervensi terapeutik dapat mengarah pada manajemen yang lebih baik dan meningkatkan hasil yang tidak hanya mengenai mikrovaskular tetapi juga komplikasi makrovaskular.

Ilustrasi (c) Wikimedia