Return to site

Diabetes Dan Kehamilan, Ini Yang Harus Anda Lakukan!

December 3, 2020

Kehamilan merupakan kondisi yang ditunggu-tunggu bagi semua keluarga. Namun, apa jadinya jika sang istri/Anda sebagai istri juga mengidap diabetes? Banyak yang mengatakan bahwa diabetes sangat berbahaya bagi seseorang yang sedang hamil bahkan dapat membuat Anda dapat ikut mengidap diabetes seumur hidupnya. Meski demikian, Anak adalah anugerah dari tuhan untuk Anda. Baik direncanakan atau tidak, kehamilan tersebut harus Anda jaga hingga sang buah hati lahir ditengah keluarga Anda. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan jika Anda hamil atau berencana untuk hamil. Apa saja? Berikut adalah hal-hal yang harus Anda lakukan!

1. Berkonsultasi pada dokter

Jika Anda berencana untuk hamil atau Anda sudah terlanjur hamil, maka yang harus Anda lakukan adalah dengan langsung menghubungi dokter kepercayaan Anda. Konsultasikan kondisi Anda saat ini. Jika Anda merencanakan untuk hamil, tanyakan pada dokter apakah Anda bisa untuk hamil dan apa saja syarat-syarat yang harus dilakukan. Apabila Anda sudah terlanjur hamil karena diluar rencana dengan suami, maka Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter untuk mencari tahu apa saja yang harus dilakukan agar calon bayi Anda ini tetap sehat hingga lahir atau bahkan hingga ia dewasa.

2. Disiplin dalam melakukan pemeriksaan bayi dan diabetes

Jika Anda diminta untuk mengkonsumsi obat, maka Anda harus disiplin dalam mengkonsumsi obat tersebut. Karena obat yang diberikan oleh dokter tentunya untuk menjaga kesehatan Anda dan janin Anda. Selain itu, Anda juga harus disiplin untuk melakukan pemeriksaan bayi didalam kandungan Anda agar mengetahui perkembangan janin dan memastikan tidak ada efek samping dari obat yang Anda konsumsi.

3. Selalu berpikir positif

Jangan pernah berpikir bahwa kehamilan ini adalah hal yang buruk untuk Anda, bagaimana pun anak adalah anugerah yang harus Anda jaga. Selalu bersikap positif, selain Anda menjalani semua tindakan yang disarankan oleh dokter dan mempraktikkan gaya hidup sehat, maka yakinlah bahwa Anda dan janin akan baik-baik saja. Bersikap negatif akan berakibat pada stress yang justru menaikkan kadar gula darah dan semakin membahayakan diri Anda.

4. Berolahraga dan menjalani pola hidup sehat

Yang murah namun berat untuk dilakukan adalah olahraga dan menjaga hidup sehat. Sebagai penderita diabetes yang hamil, tentu ini adalah syarat mutlak yang harus dilakukan. Apabila Anda tidak memperhatikan hal ini, maka jangan salahkan siapapun jika pada akhirnya Anda dan janin mengalami kondisi yang semakin memburuk.

5. Jujur dengan setiap keadaan yang Anda alami kepada keluarga

Anda pusing, lelah, nyeri dan lain sebagainya, Anda harus jujur kepada keluarga Anda. Karena dengan demikian mereka dapat membantu Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com