Return to site

Deteksi Hipertensi Dengan Tanda-Tanda Berikut Ini!

April 17, 2023

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, sering terjadi bersamaan dengan diabetes melitus, termasuk diabetes tipe 1, tipe 2, dan diabetes gestasional, dan penelitian menunjukkan kemungkinan ada hubungan di antara keduanya. Hipertensi dan diabetes tipe 2 keduanya merupakan aspek dari sindrom metabolik, suatu kondisi yang mencakup obesitas dan penyakit kardiovaskular.

Baik hipertensi maupun diabetes memiliki beberapa penyebab yang sama dan memiliki beberapa faktor risiko yang sama. Keduanya juga berkontribusi pada memburuknya gejala satu sama lain. Cara mengelola kedua kondisi tersebut juga tumpang tindih.

Mengidentifikasi hipertensi dan diabetes

Beberapa tes yang relatif sederhana dapat menunjukkan apakah seseorang menderita diabetes atau hipertensi. Orang juga dapat membeli alat tes gula darah untuk diabetes dan monitor tekanan darah untuk tekanan darah, yang dapat mereka gunakan di rumah.

Bagaimana Cara Mengidentifikasi Hipertensi?

Orang terkadang menyebut hipertensi sebagai “pembunuh diam-diam”, dan banyak orang tidak menyadari bahwa mereka mengidapnya. Menurut The American Heart Association (AHA) menekankan bahwa sebagian besar orang yang mengalami hipertensi tidak ada gejala. Seseorang biasanya mengetahui bahwa mereka memiliki tekanan darah tinggi ketika dokter melakukan pengetesan tekanan darah, atau mereka mengambilnya sendiri di rumah.

Bagaimana Cara Mengidentifikasi Diabetes?

Tidak semua orang dengan diabetes akan mengerti gejalanya, termasuk mereka yang didiagnosis, selama mereka mengendalikan kondisinya secara efektif. Jika gejala kadar gula darah tinggi muncul, umumnya akan disertai dengan:

  1. Rasa haus yang berlebihan
  2. Sering ingin buang air kecil
  3. Peningkatan buang air kecil di malam hari
  4. Letih, lemah dan kelelahan
  5. Penglihatan kabur

Seseorang juga perlu memperhatikan bahwa mereka mulai mengalami lebih banyak infeksi, termasuk infeksi saluran kemih, sariawan dan infeksi saluran pernapasan atas. Mereka juga perlu memperhatikan bahwa luka dan infeksi membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh. Tes akan menunjukkan bahwa seseorang memiliki kadar gula yang tinggi dalam urin dan darahnya.

Itulah beberapa cara untuk mengidentifikasi hipertensi dan diabetes yang perlu Anda coba lakukan. Jika Anda menemukan gejala keduanya, sebaiknya Anda mulai melakukan tindakan pencegahan diabetes dengan mengontrol gula darah, sering berolahraga dan makan makanan sehat.