Return to site

Dasar Diet Diabetes Tipe 2, Ini Yang Harus Anda Lakukan!

March 30, 2021

Memilih makanan yang tepat untuk pasien diabetes dapat membantu menurunkan gula darah atau menjaganya tetap stabil. Maka, sebagai pasien, Anda perlu mencari tahu apa yang harus dimasukkan ke dalam menu makan Anda saat merencanakan diet diabetes. Ketika Anda mengikuti pola diet diabetes tipe 2, bukan berarti Anda harus melepaskan semua hal yang Anda sukai. Anda tetap dapat menikmati berbagai macam makanan saat melakukan perawatan dan manajemen penyakit ini.

Tentunya, membuat pola makan untuk diabetes tipe 2 juga diperlukan tindakan penyeimbangan nilai nutrisi dan efeknya terhadap gula darah Anda. Ini mencakup berbagai karbohidrat, lemak, dan protein yang sehat, menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK). Strateginya adalah dengan memilih makanan yang kaya nutrisi secara alami untuk membantu menjaga kadar gula darah Anda dalam kisaran target dan menghindari perubahan besar yang dapat menyebabkan gejala diabetes tipe 2,  seperti beberapa gejala mulai dari sering buang air kecil dan haus gula darah tinggi hingga kelelahan, pusing, sakit kepala, dan perubahan mood gula darah rendah (hipoglikemia), menurut American Diabetes Association (ADA).

Dasar-dasar Diet Diabetes Tipe 2: Apa yang Harus Anda Makan?

Untuk mengikuti diet sehat diabetes, Anda harus terlebih dahulu memahami bagaimana makanan yang berbeda memengaruhi gula darah Anda. Karbohidrat, yang ditemukan dalam kadar terbesar dalam biji-bijian, roti, pasta, susu, permen, buah dan sayuran bertepung, dipecah menjadi glukosa dalam darah, yang meningkatkan gula darah, berpotensi menyebabkan hiperglikemia. Protein dan lemak memiliki sedikit efek terhadap kadar gula, jika ada atau berdampak pada gula darah, catat tinjauan sebelumnya. Namun, keduanya harus dikonsumsi dalam jumlah sedang,bersama dengan karbohidrat untuk menjaga kalori tetap rendah dan berat badan ideal.

Berapa Banyak Karbohidrat yang Dapat Anda Makan jika Anda memiliki Diabetes?

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC),, tidak ada target karbohidrat "satu ukuran untuk semua" untuk orang yang mengelola diabetes. Pada akhirnya, jumlahnya tergantung pada faktor-faktor seperti usia, berat badan, dan tingkat aktivitas Anda. Namun, sebagai aturan umum, pasien diabetes harus mendapatkan sekitar setengah dari kalori harian mereka dari karbohidrat.

Untuk mengidentifikasi kebutuhan karbohidrat harian Anda, kalikan 50 persen dengan target kalori harian Anda. Misalnya, jika Anda makan 2.000 kalori sehari, usahakan mengonsumsi sekitar 1.000 kalori karbohidrat dalam makanan dan minuman. Karena CDC menyatakan 1 gram (g) karbohidrat menyediakan 4 kalori, Anda dapat membagi jumlah kalori karbohidrat dengan 4 untuk mendapatkan target harian Anda untuk gram karbohidrat, yang hasilnya menjadi 250 g dalam contoh ini.

Jangan pernah melupakan keberadaan dokter. Jadikan dokter sebagai acuan proses diet diabetes yang Anda lakukan. Karena dengan metode medis akan jauh lebih baik daripada hanya mendengarkan kata orang saja. Sempurnakan proses manajemen diabetes Anda dengan mengonsumsi Obat Herbal Diabetes DMPhas yang terbuat dari ekstrak pare dan buncis yang sudah terbukti secara ilmiah dapat membantu menontrol gula darah. Coba dan rasakan manfaatnya sekarang juga!

Ilustrasi (c) Unsplash.com