Return to site

Contoh Komplikasi Diabetes Yang Diiringi Dengan COVID-19

March 31, 2022

Penyakit COVID-19 merupakan virus yang dapat menyebabkan komplikasi serius bagi pasien diabetes. Pasien COVID-19 yang memiliki komorbid diabetes memiliki risiko meninggal lebih tinggi dibandingkan dengan pasien yang tanpa diabetes atau yang belum vaksinasi. Bahkan, berdasarkan data dari Kemenkes pada Februari, dari 1000 pasien COVID-19 yang meninggal dengan komorbid diabetes sebanyak 68%. Bagaimana jal ini terjadi? Karena, COVID-19 yang disertai dengan diabetes akan meningkatkan berbagai macam komplikasi serius untuk pasien. Berikut adalah beberapa komplikasi yang dapat dialami pasien COVID-19 dengan komorbid diabetes yang paling umum ditemukan.

1. Komplikasi ketoasidosis diabetik

Kondisi ini dialami oleh pasien diabetes yang penyebab utamanaya adalah selama periode stres atau sakit, kadar gula darah dapat meningkat. Ketoasidosis diabetik (DKA) ini terjadi apabila seseorang dengan diabetes tidak memiliki cukup insulin yang tersedia untuk mengatasi peningkatan ini. DKA dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk rasa haus ekstrem, mual, mengalami napas cepat. Bagi seorang pasien diabetes dan COVID-19 yang memiliki DKA, ia harus menerima perawatan medis darurat.

2. Kompllikasi radang paru-paru

Seorang pasien diabetes memiliki resiko terkena pneumonia yang lebih tinggi. Pneumonia ini adalah kondisi yang berasal dari infeksi yang menyebabkan peradangan pada kantung udara paru-paru. Berdasrkan beberapa penelitian, menunjukkan bahwa setiap orang dengan penyakit diabetes yang dialami lebih dari 2 tahun, mereka harus menerima vaksinasi pneumokokus dan influenza tahunan. Hal ini untuk mencegah terjadinya komplikasi radang paru-paru yang lebih parah untuk pasien diabetes.

3. Komplikasi yang disebabkan dehidrasi

Seorang pasien diabetes jika pada tubuhnya mengalami demam tinggi yang diakibatkan oleh COVID-19, maka ia akan kehilangan cairan dalam tubuh. Kondisi kekurangan cairan ini pun dapat membuat pasien diabetes mengalami dehidrasi, dan mungkin memerlukan cairan intravena. Dehidrasi yang tidak terawatt dengan baik juga akan memberikan dampak buruk bagi pasien diabetes. Apalagi jika ia juga positif COVID-19.

Itulh 3 jenis komplikasi COVID-19 bagi pasien diabetes yang perlu Anda ketahui. Daftar ini hanyalah sebagian kecil dari penyakit pendamping COVID-19 dengan komorbid diabetes. Jadi, sebelum Anda mengalami kondisi yang lebih buruk ini, sebaiknya Anda melakukan perawatan pencegahan COVID-19 dan komplikasi diabetes dengan disiplin.