Return to site

Cara Mudah Menurunkan Kadar Gula Darah Bagi Penderita Diabetes

December 11, 2020

Menurunkan kadar gula darah merupakan tindakan yang perlu dilakukan bagi penderita diabetes tipe 2. Karena, kadar gula yang terlalu tinggi akan semakin meningkatkan potensi timbulnya penyakit lain yang akan dialami. Oleh karena itu, sebelum hal tersebut terjadi, sebaiknya Anda melakukan tindakan atau manajemen kadar gula darah dengan baik sejak dini. Hal ini dilakukan untuk menyelamatkan kesehatan Anda meskipun sedang mengalami diabetes. Banyak yang beranggapan bahwa untuk menurunkan kadar gula darah adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Padahal, kadar gula ini dapat dikelola oleh semua penderita diabetes apabila ia bersedia melakukan beberapa aktivitas dan pola gaya hidup yang benar. Berikut adalah beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk menurunkan kadar gula darah bagi Anda penderita diabetes.

1. Perbanyak minum air putih

Kurangi minuman yang mengandung kadar gula,ini tanpa terkecuali baik karena tambahan gula atau memiliki kandungan gula. Minum air putih akan membantu Anda memperbanyak buang air kecil, di mana ini juga akan membawa kadar gula di dalamnya. Namun, bagi Anda yang memiliki komplikasi penyakit ginjal, tidak disarankan untuk menambah kuantitas minum.

2. Tingkatkan aktivitas yang meningkatkan kinerja jantung Anda

Jangan takut untuk meningkatkan aktivitas sehari-hari Anda. Semakin banyak bergerak maka tubuh Anda akan membutuhkan lebih banyak energi. Jika Anda ingin menurunkan kadar gula, cobalah untuk menjalani aktivitas yang dapat meningkatkan kinerja jantung Anda seperti dengan jogging atau aktivitas-aktivitas yang mempercepat kinerja jantung Anda lainnya.

3. Perbanyak makanan atau cemilan yang mengandung protein

Makanan dan cemilan sering kali tidak disarankan oleh banyak orang jika Anda mengalami diabetes. Akan tetapi, hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Yang harus Anda perhatikan adalah mengkonsumi makanan dan cemilan yang tinggi protein masih diperbolehkan. Karena protein adalah zat yang dapat menyeimbangkan kadar gula darah. Hanya saja, hindari makanan dan cemilan yang memiliki tinggi protein namun juga memiliki kandungan karbohidrat dan kadar gula yang tinggi pula.

4. Obat herbal diabetes

Anda juga dapat menurunkan atau mengontrol kadar gula darah dalam tubuh Anda dengan mengkonsumsi obat herbal untuk diabetes. Sebelumnya, Anda juga harus memperhatikan obat herbal yang akan Anda gunakan, karena masing-masing obat herbal memiliki komposisi yang berbeda-beda. Untuk hasil yang lebih baik, Anda dapat mencoba mengkonsumsi obat herbal diabetes DMPhas yang bahannya terbuat dari ekstrak pare dan buncis yang sudah mendapatkan izin BPOM.

5. Insulin

Jika sudah pada level yang parah, Anda dapat mengontrol kadar gula darah Anda dengan suntik insulin. Namun, Anda harus berhati-hati pula ketika menggunakan insulin. Terlebih lagi dalam menggunakan jarum suntik dan juga posisi penyuntikan. Karena, penderita diabetes sebagian sangat mudah mengalami infeksi, ini juga dapat terjadi karena penggunaan jarum suntik dari suntik insulin yang Anda gunakan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com