Return to site

Cara Mengontrol Makanan Bagi Pasien Diabetes Yang Menghadiri Pesta Pernikahan

February 22, 2021

Ketika ada keluarga atau saudara yang menikah, di mana pun akan memiliki kebiasaan yang sama yaitu kumpul-kumpul, perayaan, banyak aneka makanan lezat, dan juga membuat lupa untuk beristirahat. Dan sebagian besar pernikahan bukan hanya urusan satu hari: Perayaannya dapat diatur paling awal sebulan sebelumnya dan dapat berlangsung dalam 2 – 4 hari sebelum Hari-H acara pernikahan tersebut. Jika ditotal, bisa sampai 7 hari aktivitas dengan berbagai macam makanan yang bisa Anda nikmati. Bagi penderita diabetes, itu berarti Anda harus mengontrol diri, memilih makanan dan minuman yang menjadi pilihan haruslah makanan sehat dan menjaga perawatan diabetes selama pesta pernikahan berlangsung. Faktanya, menemukan makanan sehat untuk perawatan diabetes bisa menjadi tantangan terbesar selama ini, mengingat banyak hidangan tradisional yang sangat variatif dan jelas bukan yang paling ramah bagi penderita diabetes.

Tetapi jangan membiarkan diabetes menghentikan Anda dari mengonsumsi makanan yang Anda sukai! Dengan beberapa perencanaan dan keputusan cerdas, Anda dapat bersenang-senang tanpa menempatkan diri Anda pada risiko hipoglikemia atau hiperglikemia.

Bagaimana Cara Menikmati Makanan Yang Dihidangkan Pada Pesta Pernikahan Bagi Penderita Diabetes?

Hadapi kenyataan bahwa Anda harus bisa membatasi. Karena pernikahan biasanya tidak dipenuhi dengan makanan yang ramah untuk diabetes. Anda mungkin tidak memiliki lebih banyak pilihan untuk menghindari peningkatan gula darah dari makanan/minuman yang dihidangkan. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menikmati hidangan pernikahan sama sekali.

Berikut beberapa tip untuk menikmati makanan Anda di pesta pernikahan:

  • Mulailah hari Anda dengan berolahraga. Dengan berolahraga, tentunya ini dapat menurunkan kadar gula darah, membakar kalori, dan membantu mengontrol nafsu makan.

  • Makan camilan rendah karbohidrat dan berserat tinggi sebelum keluar.

  • Untuk hidangan penutup, makanan berbahan buah adalah yang terbaik. Tetapi, pastikan pula Anda mengonsumsi buah yang aman untuk Anda

  • Jangan berasumsi bahwa pemanis buatan aman. Makanan bebas gula, misalnya, masih mengandung banyak karbohidrat dan kalori. Jadi carilah alternatif jika memungkinkan.

  • Bawalah beberapa kacang atau camilan sehat lainnya untuk mengatasi rasa lapar.

  • Manjakan diri Anda dalam acara tersebut dengan beberapa hidangan, namun Anda harus ingat bahwa Anda harus lebih banyak mengonsumsi air putih.

Pastikan juga bahwa Anda mengikuti rencana makan sehari-hari Anda sebaik mungkin. Misalnya, jangan melewatkan waktu makan atau mengurangi porsi makan yang ekstrem karena ingin mengonsumsi hidangan yang dapat meningkatkan kadar gula saat waktu makan tiba. Karbohidrat tinggi dalam satu kali makan bisa lebih buruk untuk kesehatan penderita diabetes. Jika Anda merasa sudah mengonsumsi makanan yang terlalu banyak karbohidrat, cobalah untuk melakukan aktivitas yang membutuhkan energi, misal dengan jalan-jalan atau berdansa jika ada acara dansa pada pesta tersebut.

Tindakan yang lebih baik bagi Anda adalah, jika memungkinkan, komunikasikanlah dengan tuan rumah tentang kondisi Anda. Mungkin mereka bisa menyiapkan makanan ramah diabetes atau memastikan ada makanan yang bebas gula atau karbohidrat rendah yang dihidangkan. Kemungkinan tuan rumah Anda dapat mengakomodasi kebutuhan Anda, tetapi Anda harus memberi tahu mereka apa yang Anda butuhkan. Namun, ini juga dapat menjadi hal yang sulit jika Anda menghadiri pernikahan rekan, Anda tidak akan memiliki kebebasan untuk meminta pada rekan Anda. Maka dari itu, Andalah yang harus bisa mencegah diri Anda agar tidak terjebak dengan banyaknya menu makanan yang Anda temukan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com