Return to site

Cara Memasak Yang Sehat untuk Penderita Diabetes

December 15, 2020

Diet sehat tidak hanya penting untuk manajemen diabetes. Akan tetapi, untuk mendapatkan kualitas diet yang tepat tersebut juga harus diimbangi dengan cara memasak masakan dengan baik pula. Karena, memperhatikan cara memasak juga akan membantu Anda mempertahankan berat badan yang diinginkan, mengontrol tekanan darah, atau bahkan dapat mencegah penyakit jantung dan stroke yang disebabkan oleh diabetes. Berikut adalah beberapa cara memasak yang tepat bagi Anda penderita diabetes agar proses dan manajemen kesehatan Anda tidak hanya sebatas ungkapan, namun ada manfaat yang Anda dapatkan. Beberapa tip memasak sehat untuk menurunkan asupan kalori, lemak, dan gula bagi para penderita diabetes, diantaranya adalah:

1. Kurangi penggunaan minyak goreng sawit

Ada beberapa bahan memasak yang dapat Anda gunakan untuk menghindari penggunaan minyak seperti dengan mengukus atau dengan metode memasak lainnya. Jika Anda ingin menggunakan minyak, gunakan minyak zaitun, jagung, kacang tanah, bunga matahari, sayur, atau alternatif minyak lainnya.

2. Mengukus makanan

Jika Anda ingin menghindari minyak 100% khusus untuk makanan Anda, cobalah untuk memasak makanan seperti daging dan sayuran dengan cara dikukus. Tetapi, perhatikan pula bumbu-bumbu yang akan Anda gunakan, sebaiknya Anda menggunakan bumbu dan rempah-rempah (seperti lada, kayu manis, dan oregano), cuka, jus lemon, atau salsa, hindari penggunaan garam, mentega, atau saus manis jika memungkinkan. Apabila Anda membutuhkan tiga bahan ini, tanyakan porsi yang tepat untuk Anda kepada dokter/ahli diabetes kepercayaan Anda.

3. Menggunakan selai rendah gula

Jika Anda ingin mengkonsumsi roti gandum tawar, Anda dapat menggunakan selai rendah atau tanpa gula sebagai pengganti mentega atau margarin pada roti yang Anda konsumsi. Jika sulit ditemukan di pasaran, Anda dapat mengkonsumsi roti tawar tersebut tanpa tambahan apa pun.

4. Menambah lemak omega-3

Tingkatkan asupan asam lemak omega-3 dari daftar menu yang ingin Anda masak. Cobalah untuk mengkonsumsi setidaknya 2 porsi makanan kaya omega-3 dalam seminggu, seperti salmon, sarden, mackerel, herring, rainbow trout, dan tuna albacore. Kacang kenari dan produk kedelai adalah makanan kaya omega-3 lainnya yang dapat ditambahkan ke makanan sehat.

5. Tambahan oatmeal dan sereal

Makan sereal atau oatmeal dari gandum utuh, daftar makanan ini merupakan makan yang berserat tinggi dengan skim atau susu 1%.

6. Susu rendah lemak

Gunakan produk susu rendah lemak atau bebas lemak seperti susu, yogurt, keju cottage, dan krim asam sebagai pengganti versi lemak penuh. Anda dapat mencari resep-resep yang dapat Anda pilih dengan bahan-bahan yang telah kami sebutkan

7. Jus tanpa gula

Jus merupakan salah satu minuman yang menyegarkan bagi siapa pun. Anda yang menderita diabetes juga dapat mengkonsumsi jus, hanya saja minumlah jus buah 100% tanpa tambahan gula dan batasi porsi Anda.

8. Mengurangi lemak

Kurangi lemak berlebih dari daging dan makan ayam atau kalkun tanpa kulit. Biasakan untuk membeli potongan daging tanpa lemak dan pilih metode memasak yang sehat, seperti memanggang, menggoreng, dan lain sebagainya.

Perlu kami tegaskan kembali, selalu berkonsultasi kepada penyedia layanan kesehatan dan perawatan kesehatan profesional lainnya dapat mengarahkan Anda ke sumber daya bermanfaat yang mencakup lebih lanjut perencanaan makan, menawarkan resep sehat dan tip memasak untuk Anda, menyarankan program olahraga, memberi Anda tip untuk mengatur berat badan, dan banyak lagi.

Ilustrasi (c) Unsplash.com