Return to site

Benarkah Pasien Diabetes Tidak Boleh Makan Buah & Minum Jus?

January 21, 2022

Kita semua mengetahui bahwa buah dan sayuran baik untuk tubuh kita, banyak yang mengatakan pasien diabetes tidak boleh makan buah karena terlalu manis atau mengandung gula yang tinggi. Padahal, semua buah mengandung gula alami, tetapi juga mengandung campuran vitamin, mineral, dan serat yang baik.

Mengapa buah sangat baik untuk kita?

Makan buah dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena banyak kondisi kesehatan termasuk tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, obesitas dan kanker tertentu. Bahkan lebih penting bagi pasien diabetes untuk makan lebih banyak buah karena sebagian besar kondisi ini lebih mungkin mempengaruhi mereka. Buah-buahan memiliki campuran serat larut dan tidak larut yang baik untuk usus dan kesehatan secara umum.

Haruskah Penderita Diabetes Mengurangi Buah Karena Kandungan Gulanya?

Mengelola diabetes berkaitan dengan mengelola glukosa darah jangka panjang, lemak darah, tekanan darah dan berat badan Anda, dan buah-buahan dapat memainkan peran positif dalam semua ini.

Kekhawatirannya adalah karena buah-buahan mengandung gula, membuat glukosa darah Anda naik. Faktanya, sebagian besar buah memiliki indeks glikemik rendah hingga sedang, sehingga tidak menyebabkan peningkatan kadar glukosa darah yang signifikan dibandingkan dengan makanan yang mengandung karbohidrat seperti roti. Selain itu, Ukuran porsi sangat penting ketika mempertimbangkan efek terbesar buah-buahan pada kadar glukosa darah setelah makan, jadi mari kita lihat ini lebih detail.

Satu porsi buah rata-rata mengandung sekitar 15-20g karbohidrat, yang mirip dengan sepotong roti. Sebagai perbandingan, sekaleng cola mengandung 35g karbohidrat dan sepotong kue coklat sedang mengandung 35g karbohidrat.

Jadi, jika Anda ingin mengurangi asupan karbohidrat, dengan tujuan untuk mengelola kadar glukosa darah, sarannya adalah untuk mengurangi asupan makanan dan minuman seperti minuman bersoda, kue, biskuit, cokelat, dan makanan ringan lainnya.

Setelah Anda selesai melakukannya, Anda dapat mulai mengurangi porsi makanan bertepung mulai dari makanan yang diproses tinggi dan mengandung tambahan lemak, gula, dan garam. Sangat tidak mungkin buah-buahan adalah penyebab utama kadar glukosa darah tinggi karena ada kecenderungan konsumsi makanan yang dianggap sehat seperti buah-buahan secara berlebihan tanpa memperhatikan porsi lah yang membuat kenaikan gula darah.

Haruskah Pasien Diabetes Menghindari Jus Buah?

Jus buah bisa mengandung gula alami yang tinggi dan seratnya lebih sedikit daripada buah utuh. Karena Anda dapat menghabiskan banyak jus dalam waktu yang relatif singkat, dibandingkan dengan memakan buah utuh, Anda akan mendapatkan asupan karbohidrat lebih banyak selama periode tersebut. Bergantung pada bagaimana diabetes Anda dikelola, jus dapat menyebabkan kadar glukosa darah Anda naik, dan dapat memengaruhi berat badan Anda dalam jangka panjang juga.

Itulah mengapa Anda lebih baik makan buah utuh dan menghindari jus. Jika ingin minum jus buah, batasi maksimal satu gelas kecil, sehari sekali. Minum lebih dari itu akan meningkatkan kadar gula darah dan membuat berat badan bertambah.

Jika Anda minum jus dengan makanan Anda, Anda harus mengerti cara mengurangi karbohidrat dalam makanan itu. Jadi, misalnya, jika Anda biasanya makan beberapa potong roti dengan sarapan Anda, pada hari Anda memutuskan untuk minum segelas jus dengan sarapan Anda, akan lebih baik Anda menghilangkan sepotong roti untuk memberi ruang untuk mengurangi jumlah karbohidrat. Karena, karbohidrat ekstra sudah didapatkan dari jus. Anda tidak perlu melakukan ini setiap hari, tetapi ini adalah pilihan. Jika Anda mengerti cara mengontrol karbohidrat pada tiap porsi makanan, tentu akan baik untuk proses manajemen diabetes yang Anda lakukan.

Jadi, kesimpulannya adalah:

Mengonsumsi buah utuh tidak memiliki lebih banyak gula darah dibandingkan dengan minuman atau makanan dengan gula tambahan dan karbohidrat tinggi. Ingat porsinya saat makan, maka semua akan membantu manajemen gula darah Anda. Minum jus tidak disarankan untuk pasien diabetes, tetapi Anda tetap boleh dengan porsi sedikit, dan sangat disarankan untuk tidak terlalu sering minum jus untuk pasien diabetes