Return to site

Bahaya Susu & Memilih Susu Alternatif Untuk Pasien Diabetes

March 15, 2022

Susu adalah minuman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, jika Anda memiliki penyakit diabetes, jangan lupa bahwa minuman ini juga mengandung karbohidrat yang dapat mempengaruhi kadar gula darah Anda. Satu cangkir susu sapi bebas lemak mengandung sekitar 12 gram karbohidrat. Tidak ada tambahan gula, hanya laktosa alami langsung dari sumbernya.

Namun, Anda masih bisa meminum minuman pengganti susu sapi atau ada banyak minuman serupa susu tapi minuman tersebut adalah non-susu di luar sana dengan karbohidrat nol atau rendah karbohidrat, seperti susu rami atau almond tanpa pemanis.

Anda juga dapat terus minum susu sapi, tetapi Anda harus menguji kadar glukosa darah Anda sebelum, dan dua jam setelahnya, untuk melihat seberapa besar pengaruhnya terhadap Anda. Ingat, segelas susu akan mempengaruhi setiap orang sedikit berbeda, jadi tidak ada jumlah atau jenis susu yang ideal untuk semua orang. Cara terbaik Anda adalah bekerja sama dengan dokter Anda atau ahli diet/ahli gizi terdaftar untuk menentukan rencana nutrisi harian yang tepat untuk Anda.

Berikut adalah beberapa saran untuk menikmati susu alternatif:

  • Susu almond vanila tanpa pemanis
  • Santan tanpa pemanis
  • Susu kedelai tanpa pemanis
  • Susu biji rami tanpa pemanis

Susu Yang Harus Benar-Benar Anda Hindari

1. Susu Cokelat, dan aneka rasa susu lainnya

Susu coklat biasanya memiliki 8-10 gram gula tambahan per porsi. Susu rendah lemak memiliki 2,5 gram lemak total, 20 gram karbohidrat total, dan 8 gram gula tambahan. Susu beraroma dapat menjadi pengganti yang bergizi ketika Anda menginginkan sesuatu yang manis dan dapat digunakan dalam konteks kecukupan karbohidrat total untuk hari itu.

2. Susu murni

Susu murni lebih tinggi kalori dan lemak. Memilih susu rendah lemak akan memberi Anda jumlah kalsium yang sama tanpa lemak. Bagi mereka yang perlu mendapatkan berad badan tambahan, ini adalah pilihan yang baik. Tapi jika Anda memiliki diabetes, sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi susu murni. Boleh, jika memang Anda memiliki takaran porsi yang tepat untuk kebutuhan tubuh Anda sesuai dengan petunjuk dokter

Perencanaan Makan Dengan Susu

Susu kaya akan kalsium dan dapat masuk ke dalam rencana makan harian Anda dengan cara yang sehat. Anda hanya perlu tetap sadar akan label nutrisi dan menguji gula darah Anda sebelum dan sesudah mengonsumsi makanan baru.