Return to site

Bagaimana Cara Menggunakan Insulin Buatan Untuk Diabetes?

February 16, 2022

Insulin buatan adalah insulin yang dibuat dari hasil laboratorium untuk membuat zat yang dapat bekerja layaknya insulin alami yang diproduksi oleh tubuh. Beberapa orang dengan diabetes mungkin hanya membutuhkan 1 jenis insulin, sementara yang lain mungkin memerlukan beberapa jenis untuk mengelola gula darah mereka. Dokter akan membantu memilih rejimen insulin yang tepat untuk Anda. Berikut adalah beberapa contoh rejimen insulin yang mungkin diresepkan dokter untuk membantu Anda dalam manajemen diabetes:

1. Penggunaan insulin 1-2 kali sehari

Jika Anda menderita diabetes tipe 2 yang dapat diatasi dengan pengobatan oral tetapi Anda memerlukan insulin suntik untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik pada kadar gula darah Anda, dokter mungkin menyarankan dosis sekali atau dua kali sehari dengan insulin kerja menengah atau panjang.

2. Regimen basal-bolus

Regimen ini meniru cara tubuh manusia secara alami melepaskan insulin. Pelepasan insulin basal membantu mengelola gula darah sepanjang hari, jadi Anda dapat menggunakan insulin kerja panjang atau kerja sangat panjang untuk kontrol basal. Pelepasan insulin bolus membantu mengatur gula darah pada waktu makan, jadi Anda dapat menggunakan suntikan insulin kerja cepat atau singkat untuk mengontrol waktu makan. Dengan rejimen basal-bolus, Anda bisa menyuntikkan insulin hingga 4 kali sehari. Orang dengan diabetes tipe 1 atau tipe 2 dapat menggunakan rejimen insulin basal-bolus.

3. Penggunaan insulin skala geser

Skala geser adalah saat Anda menyuntikkan sejumlah insulin tergantung pada kadar gula darah Anda saat ini. Ini berarti dosis insulin Anda dapat bervariasi sepanjang hari. Penggunaan insulin skala geser mengharuskan Anda untuk makan jumlah karbohidrat (gula) yang sama setiap kali makan agar efektif.

4. Terapi pompa insulin

Pompa insulin adalah perangkat kecil yang dapat dipakai yang memberikan dosis insulin terus menerus sepanjang hari. Ini adalah terapi insulin sesuai permintaan, dapat memberikan aliran insulin yang stabil atau satu dosis insulin kerja cepat bila diperlukan dan memungkinkan kontrol gula darah yang tepat. Karena pasien diabetes tipe 1 tidak memproduksi insulin sendiri, terapi pompa insulin bisa menjadi pilihan yang nyaman.