Return to site

Awas, Ini Daftar Efek Samping Dari Suntik Insulin

November 17, 2020

Suntik insulin merupakan metode pengobatan untuk penderita diabetes. Hal ini dilakukan oleh penderita diabetes untuk membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuhnya tetap stabil. Sayangnya, metode pengobatan suntik insulin juga merupakan metode pengobatan yang mahal bagi sebagian penderita diabetes di Indonesia. Jika Anda mencoba untuk mencari pena suntik insulin saja, Anda membutuhkan biaya setidaknya 200.000 per pcs. Jika dalam satu bulan membutuhkan 10 pcs saja sudah membutuhkan biaya 2.000.000 per bulan hanya untuk pena suntik. Tentu bagi sebagian masyarakat ini merupakan harga yang sangat mahal. Selain itu, Anda juga akan mendapati beberapa efek samping dari suntik insulin, yang diantaranya adalah:

1. Hipoglikemia

Insulin merupakan hormon yang berfungsi untuk menurunkan gula darah Akan tetapi, jika dilakukan secara terus menerus Anda dapat mengalami kondisi di mana gula darah menjadi terlalu rendah. Hal ini pun membuat penderita diabetes mengalami hipoglikemia. Sedangkan jika terlalu banyak menggunakan insulin sel-sel tubuh justru akan menyimpan terlalu banyak glukosa. Hal ini terjadi karena fungsi sel dalam tubuh sudah tidak seimbang dikarenakan penggunaan insulin tanpa pengawasan yang benar dan tidak disesuaikan dengan aktivitas dan gaya hidupnya.

2. Potensi mengalami kenaikan berat badan

Seorang pengguna suntik insulin, ia dapat mengontrol gula darah dan dapat menyimpan glukosa untuk tubuh. Penyimpanan glukosa ini bukan lagi dalam bentuk gula melainkan menjadikannya sebagai glikogen atau lemak. Peningkatan lemak inilah yang kemudian dapat membuat para pengguna suntik insulin mengalami kenaikan berat badan. Apabila ini tidak dijadikan sebagai masalah serius, tentu obesitas akan menjadi salah satu yang menunggu.

3. Infeksi

Penggunaan jarum suntik tentu akan membuat luka kecil pada kulit pada pengguna. Kita tahu, penderita diabetes sangat mudah terkena infeksi karena tidak maksimalnya fungsi kulit dalam menghadang bakteri penyebab infeksi. Apabila pengguna suntik insulin menyepelekan tempat penyuntikan dan luka kecil dari penyuntikan, maka masalah besar akan menanti Anda.

4. Resistensi insulin

Ketika menggunakan insulin kadar gula darah dalam tubuh Anda tidak mengalami penurunan namun justru yang terjadi adalah semakin tinggi, itu artinya tubuh Anda sudah mengalami resistensi insulin. Sebanyak apa pun insulin yang diinjeksikan ke dalam tubuh Anda tidak lagi bermanfaat. Yang ada Anda akan mengalami kadar gula yang terlalu tinggi atau hiperglikemia yang tentu akan semakin membahayakan kesehatan Anda,

Nah itulah beberapa efek samping dari penggunaan suntik insulin sebagai pengobatan diabetes yang dapat kami berikan. Selain membutuhkan perlakuan lebih dari pengguna, biaya yang mahal tentu dapat menjadi masalah tambahan. Maka dari itu, cobalah untuk menggunakan metode pengobatan lain agar Anda tidak mengalami ketergantungan insulin secara terus menerus. Salah satunya adalah dengan menambahkan metode pengobatan herbal melalui konsumsi obat herbal yang benar-benar terbuat dari bahan alami. Salah satu obat herbal untuk diabetes yang terdaftar di BPOM adalah DMPhas yang mana obat herbal kami ini terbuat dari 100% bahan alami dari ekstrak buncis dan pare.

Ilustrasi (c) Unsplash.com