Return to site

Awas, Halusinasi Penderita Diabates Dapat Berbahaya!

September 15, 2020

Jika Anda menderita diabetes tipe 2, sangat penting untuk menjaga agar gula darah Anda tetap terkendali. Bersamaan dengan memeriksa kadar gula Anda secara teratur, Anda juga harus menyadari tanda-tanda bahwa gula darah Anda mungkin semakin tinggi. Yang harus Anda waspadai pula, ketika gula darah tinggi, akan dapat menyebabkan Anda mudah merasa haus, lelah atau mual. Apanila gula darah dalam tubuh Anda sangat tinggi dan melebihi batas wajar, Anda dapat mengalami halusinasi. Apabila kondisi ini terjadi pada Anda, maka Anda sudah sangat membutuhkan bantuan medis segera mungkin untuk mengantisipasi kondisi yang lebih memprihatinkan.

Kenali Potensi Sindrom Hiperglikemik Hyperosmolar

Jika gula darah Anda lebih tinggi dari 600 miligram per desiliter (mg/dL), itu artinya Anda sedang berada pada kondisi yang disebut sindrom hiperglikemik hiperosmolar diabetes. Kondisi di mana tubuh Anda sedang dalam upaya untuk mengatasi terlalu banyak gula dalam aliran darah Anda. Kemudian, tubuh Anda berusaha untuk melepaskannya ke dalam urin Anda yang membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak cairan. Oleh karena itulah ketika Anda mengalami kondisi tersebut, maka Anda membutuhkan perawatan dengan cepat agar terhindar dari dehidrasi serius dan mengalami halusinasi. Bahkan, hal yang paling buruk yang dapat menghampiri penderita diabetes pada kondisi ini adalah berakhir koma atau bahkan merenggut nyawa.

Halusinasi adalah suatu kondisi ketika Anda merasa melihat dan atau mendengar hal-hal yang sejatinya tidak ada. Halusinasi merupakan satu dari tanda gejala yang membuktikan bahwa sedang mengalami sindrom hiperglikemik hyperosmolar diabetes. Gejala awalnya disebabkan karena Anda mengalami dehidrasi seriys, keseimbangan mineral penting dalam tubuh Anda (disebut elektrolit) menjadi rusak. Itu dapat memengaruhi komunikasi antara sel-sel otak Anda dan menyebabkan halusinasi. Penanganan secara medis yang dapat dilakukan untuk menghilangkan halusinasi ini adalah dengan menghilangkan dehidrasi yang dialami. Ketika pasien tidak lagi dehidrasi, halusinasi yang dialaminya pun akan pulih secara perlahan.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dipengaruhi oleh sindrom hiperglikemik hyperosmolar pada tubuh Anda:

  • Mudah merasa sangat haus
  • Anda akan sering buang air kecil
  • Demam
  • Penglihatan kabur
  • Merasa lemas atau tidak bisa menggerakkan bagian tubuh Anda
  • Pingsan

Meskipun sindrom hiperglikemik hyperosmolar tidak umum dirasakan, namun, siapa pun yang memiliki diabetes dengan jenis diabetes apa pun bisa mengalaminya. Tetapi pasien dengan diabetes tipe 2 kemungkinan besar akan mengalami sindrom ini.

Metode pencegahan sindrom hiperglikemik hyperosmolar

Cara terbaik untuk mencegah sindrom hiperglikemik hyperosmolar adalah dengan mengendalikan gula darah Anda. Untuk melakukan itu, pantau gula darah Anda dan ikuti rekomendasi dokter untuk pengobatan dan selalu menjaga /mempertahankan gaya hidup sehat.

Ilustrasi (c) Unsplash.com