Return to site

Awas, Diabetes Dapat Menyebabkan Batu Ginjal!

July 9, 2021

Diabetes merupakan penyakit di mana pasien mengalami suatu kondisi tubuh mengalami masalah pada proses pengontrolan gula darah dan dan tubuh tidak bisa menghasilkan cukup insulin atau ketika tubuh Anda tidak dapat menggunakan insulin dengan baik. Sedangkan fungsi insulin untuk tubuh sangat penting dalam mengatur dan mengelola kadar gula darah manusia. Ketika tubuh Anda tidak bisa lagi menghasilkan atau memroduksi cukup insulin atau bahkan tubuh Anda tidak bisa memanfaatkan insulin dengan benar, maka tubuh Anda akan mengalami kondisi di mana kadar gula darah melonjak naik melebihi batas normal.

Sementara itu, ketika Anda mengalami kadar gula darah tinggi, hal ini dapat mengakibatkan masalah di bagian tubuh mana pun baik itu diabetes hingga masalah komplikasi serius, termasuk ginjal. Mungkin Anda masih belum pernah mengetahui bahwa, seorang pasien diabetes dapat mengalami gagal ginjal apabila mereka tidak terkontrol diabetes dengan baik. Maka dari ituselain dapat mengakibatkan serangan jantung dan komplikasi lainnya, diabetes menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko batu ginjal bagi pasien.

Ini cara diabetes menyebabkan pasien mengalami gagal ginjal!

Tahukah Anda, bahwa diabetes dapat meningkatkan keasaman pada urine Anda. Peningkatkan keasaman urine ini terjadi karena kadar gula darah yang tinggi. Ketika tingkat keasaman urine ini meningkat, hal ini juga dapat meningkatkan risiko Anda untuk mengalami risiko batu ginjal.

Masalah batu ginjal ini terbentuk ketika Anda memiliki konsentrasi zat tertentu dalam tubuh Anda dengan jumlah yang tinggi dalam urine Anda. Batu ginjal ini merupakan penyakit yang terbentuk dari kelebihan kalsium oksalat. Selain dari penyebab tersebut, batu ginjal juga dapat terbentuk dari struvite, asam urat, atau sistin.

Batu ginjal ini dapat bergerak dari ginjal Anda melalui saluran kemih, sebelum batu ginjal ini parah, batu-batu ginjal ini mungkin dapat melewati tubuh Anda dan keluar melalui urine Anda dengan sedikit atau tanpa rasa sakit. Sementara itu, semakin parah batu ginjal, maka batu-batu yang terbentuk lebih besar, pada kahirnya akan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa bagi pasien. Yang paling mengerikan adalah, batu-batu ginjal yang lebih besar ini dapat bersarang di saluran kemih pasien. Kondisi ini pun dapat menghalangi aliran urine dan menyebabkan infeksi atau pendarahan.  Apabila batu ginjal Anda masih terbilang kecil, Anda mungkin bisa mengeluarkannya dengan meningkatkan konsumsi air putih dan menggunakan obat pereda nyeri yang dijual di toko obat. Untuk batu ginjal besar, dokter dapat merekomendasikan prosedur untuk memecah batu atau operasi pengangkatan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com