Return to site

Asam Urat Bisa Menjadi Salah Satu Penyebab Diabetes

July 1, 2022

Asam urat dan diabetes adalah dua masalah kesehatan yang berbeda, tetapi jika Anda memiliki salah satunya, kemungkinan besar Anda akan terkena yang lain. Asam urat adalah jenis radang sendi yang terjadi ketika zat yang disebut asam urat menumpuk di dalam darah Anda. Ini menyebabkan nyeri sendi, terutama di jempol kaki. Sedangkan, diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh Anda tidak membuat atau menggunakan cukup insulin, hormon yang mengontrol gula darah Anda.

Apa hubungan asam urat dengan diabetes?

Para ilmuwan tidak yakin persis mengapa asam urat dan diabetes dapat memiliki keterkaitan. Karena pada dasarnya, asam urat menyebabkan peradangan pada tubuh. Beberapa ahli percaya peradangan mungkin juga berperan dalam diabetes.

Di sisi lain, pasien diabetes tipe 2 seringkali memiliki kadar asam urat yang tinggi dalam darahnya, yang bisa jadi karena kelebihan lemak. Jika Anda kelebihan berat badan, tubuh Anda menciptakan lebih banyak insulin. Itu membuat ginjal Anda lebih sulit membuang asam urat, yang dapat menyebabkan asam urat. Dalam beberapa penelitian terbaru menunjukkan seberapa kuat hubungan antara kedua kondisi tersebut.

Dalam sebuah penelitian, para peneliti melihat catatan kesehatan orang-orang yang berpartisipasi dalam Framingham Heart Study, sebuah proyek penelitian tentang penyakit jantung yang dimulai pada tahun 1948. Mereka menemukan bahwa orang-orang dengan kadar asam urat yang lebih tinggi dalam darah mereka lebih mungkin terkena diabetes tipe 2. Secara khusus, untuk setiap kenaikan 1 miligram per desiliter (mg/dL) asam urat, kemungkinan diabetes naik 20%.

Laporan lain termasuk lebih dari 35.000 orang dengan asam urat. Para ilmuwan menemukan bahwa wanita dengan asam urat 71% lebih mungkin terkena diabetes. Pria dengan asam urat memiliki peluang 22% lebih tinggi.

Faktor risiko asam urat dan diabetes

Banyak hal yang sama dapat membuat peluang Anda terkena asam urat atau diabetes meningkat. Anda mungkin lebih mungkin mendapatkannya jika Anda:

  • Apakah kelebihan berat badan atau obesitas. Jika Anda membawa lemak ekstra di tubuh Anda, Anda lebih mungkin mengalami asam urat dan diabetes tipe 2.
  • Minum terlalu banyak alkohol. Alkohol dalam jumlah sedang (sekitar satu gelas sehari untuk wanita dan pria di atas 65 tahun dan dua gelas untuk pria berusia 65 tahun ke bawah) sebenarnya dapat menurunkan peluang Anda terkena diabetes. Tetapi terlalu banyak dapat mempengaruhi bagaimana pankreas Anda melepaskan insulin, yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Lebih dari dua minuman sehari juga dapat meningkatkan peluang Anda terkena asam urat.
  • Memiliki riwayat keluarga yang memiliki asam urat atau diabetes. Jika salah satu anggota keluarga Anda menderita asam urat atau diabetes, Anda lebih mungkin terkena penyakit ini juga.
  • Memiliki masalah kesehatan lainnya. Kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi terkait dengan kedua kondisi tersebut.