Return to site

Apakah Puasa Menurunkan Kadar Gula Darah?

May 7, 2021

Kadar gula darah merupakan zat dalam tubuh yang dihasilkan dari makanan yang kita konsumsi. Bahkan, selain makanan, kadar gula darah ini juga dapat tinggi ketika kita sedang mengalami stress. Di bulan buasa ini, kadar gula darah menjadi hal yang sangat penting yang harus diperhatikan oleh semua pasien diabetes. Karena, berpuasa dapat menjadi tantangan yang sangat berat bagi pasien diabetes. Jika mereka tidak dapat mengelola diabetes dengan baik, berpuasa dapat menjadi ancaman serius bagi seorang pasien diabetes.

Apakah berpuasa dapat menurunkan kadar gula darah?

Jadi, untuk menjawab pertanyaan ini, maka jawabannya adalah, ya, berpuasa dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh semua orang tanpa terkecuali baik yang diabetes maupun yang bukan pasien diabetes. Hal ini terjadi karena dalam kurun waktu kurang lebih 12 jam, masyarakat Indonesia tidak makan dan minum. Selama kurun waktu tersebut, tubuh membutuhkan gula darah untuk menjaga stamina agar dapat terus beraktivitas seperti biasa.

Ketika kita tidak mengonsumsi makanan dalam 12 jam, gula darah diserap oleh tubuh untuk dijadikan energi. Sedangkan kita tidak dapat makan dan minum, hal ini menyebabkan produksi gula darah menjadi menurun. Bagi pasien diabetes yang tidak dapat mengontrol diabetes, gula darah yang semakin rendah dapat mengancam hipoglikemik. Jika kondisi ini terus berlangsung, pasien dapat meningkatkan risiko komplikasi.

Maka dari itu, pentingnya bagi pasien diabetes untuk memilih makanan yang tepat saat sahur dan juga saat berbuka puasa. Hal ini untuk mencegah pasien diabetes kekurangan gula darah dalam satu hari. Sedangkan pemilihan makanan yang tepat saat berbuka puasa dapat mencegah pasien diabetes mengalami kelebihan kadar gula darah yang meningkatkan potensi hiperglikemik.

Bagaimana cara menentukan porsi yang tepat agar tidak kekurangan gula darah?

Kunci utama untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan berkonsultasi pada dokter kepercayaan Anda. Karena masing-masing tubuh seseorang memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda-beda. Dokter akan membantu menemukan porsi yang tepat sesuai dengan analisa dan diagnosis kesehatan Anda dalam beberapa bulan terakhir.

Anda juga dapat mengonsumsi obat herbal diabetes DMPhas sebagai salah satu bagian dalam proses manajemen diabetes Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi halaman ini!