Return to site

Apakah Diabetes Dapat Disembuhkan 100% dan Selamanya?

March 23, 2021

Diabetes adalah salah satu penyakit yang dapat dialami oleh siapapun. Adapun metode pengobatannya pun juga cukup beragam, seperti yang dikutip dari badan penelitian dunia seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan American Diabetes Association (ADA), menyebutkan tentang cara terbaik untuk mengobati diabetes sangat luas. Namun, ahli kesehatan dari organisasi tersebut mengingatkan bahwa untuk saat ini tidak ada/belum ada  obat untuk diabetes yang menyembuhkan 100%, namun Anda dapat menggunakan beberapa pilihan pengobatan yang tersedia yang paling tidak membantu Anda mendekati hidup normal (seperti tanpa diabetes) bagi semua pasien diabetes tipe 1 dan tipe 2, melakukan perawatan dan mencegah komplikasi.

Kami juga melihat secara mendalam banyak penelitian ilmiah yang ada untuk membalikkan perkembangan pradiabetes menjadi diabetes tipe 2. Akhirnya kami melihat perawatan dan penyembuhan apa yang saat ini sedang diteliti dan harapan apa yang ada untuk penyembuhan di masa depan. Dari penelitian yang kami lihat sebagian besar dalam bentuk tinjauan sistematis, sering digambarkan sebagai penelitian yang dilakukan dari hasil penelitian sebelumnya dan sumber data yang andal untuk memandu praktik klinis. Tinjauan sistematis adalah bagian dari penelitian yang mengumpulkan dan menganalisis hasil dari berbagai studi yang melihat pertanyaan ilmiah yang serupa.

Lalu, apa yang seharusnya dilakukan oleh pasien diabetes?

Untuk diabetes tipe 1, perawatan yang meniru fungsi (atau mengganti) pankreas yang rusak adalah pilihan terbaik saat ini. Contoh perawatan ini termasuk perangkat, seperti pompa dan sensor, yang mengotomatiskan pengiriman insulin. Secara umum, pompa insulin melakukan pekerjaan yang lebih baik daripada suntikan insulin dalam menjaga glukosa darah seseorang tetap rendah dan mengurangi naik turunnya kadar gula di siang hari. Meskipun teknologinya semakin baik dan lebih baik, jenis pompa ini tidaklah cocok untuk semua orang dengan diabetes tipe 1. Mesin-mesin ini membutuhkan perawatan, dapat rusak atau terputus, dan harus dipasang secara terus-menerus ke tubuh Anda dan satu hal yang perlu Anda ketaui adalah, pompa insulin ini jauh lebih mahal daripada metode suntikan.

Untuk pasien diabetes tipe 2, diskusi tentang menyembuhkan penyakit kompleks ini berada pada satu titik utama yang berfokus pada membalikkan faktor gaya hidup yang memberi tip pada orang-orang tertentu dengan risiko genetik untuk diabetes tipe 2. Namun, Anda juga harus ingat bahwa, perubahan gaya hidup yang dilakukan oleh pasien diabetes lainnya bisa tidak sesuai dengan tubuh Anda. Maka, Anda wajib mencari tahui pola hidup yang sesuai untuk tubuh Anda sebelum memutuskan untuk mengikuti kata orang.

Kesimpulan

Jika diambil kesimpulan dan kami membicarakan mengenai metode secara medis, bukan tentang keajaiban dari tuhan yang menyembuhkan diabetes Anda secara instan, bahwa untuk saat ini diabetes belum ada obat yang bisa menyembuhkan diabetes 100%, namun Anda dapat setidaknya mengelola diabetes Anda agar dapat hidup seperti orang normal tanpa diabetes dengan suntikan insulin secara rutin untuk pasien diabetes tipe 1, dan memperbaiki pola hidup bagi pasien diabetes tipe 2.

Ilustrasi (c) Unsplash.com