Return to site

Anda Yang Muda Harus Mengerti Cara Mencegah Diabetes Berikut Ini!

October 23, 2020

Anak muda memiliki tubuh yang sehat tentu sudah biasa, karena susunan tubuh yang masih kuat. Namun, meskipun Anda merupakan orang yang masih muda, bukan berarti Anda tidak bisa terkena diabetes. Diabetes tidak lagi hanya dikenal sebagai penyakit orang tua saja, gaya hidup manusia yang berubah membuat diabetes juga kerap kali ditemukan oleh para orang-orang yang relatif tergolong dalam usia yang masih muda. Maka dari itu, jangan pernah meremehkan diabetes, mulailah untuk melakukan tindakan pencegahan sedini mungkin. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dapat dilakukan oleh Anda yang masih muda untuk mencegah diabetes.

1. Kurangi konsumsi gula dan karbohidrat berlebihan

Makanan dan minuman manis memang nikmat untuk dikonsumsi secara terus menerus. Tetapi ketika Anda mengkonsumsi minuman dan makanan manis yang berlebihan maka berpotensi akan memiliki kadar gula yang tinggi. Apabila konsumen makanan dan minuman manis yang tinggi ini tidak diimbangi dengan aktivitas fisik yang mencukupi, maka gula di dalam tubuh akan semakin menumpuk. Selain mengurangi makanan dan minuman manis yang berlebihan, Anda juga harus mulai mengurangi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Apalagi makanan dengan tingkat karbohidrat tinggi yang juga memiliki indeks glikemik tinggi, maka risiko diabetes akan semaking mendekati Anda.

2. Jangan malas bergerak

Malas bergerak atau istilah anak muda “Mager” merupakan hal yang kurang baik bagi kesehatan. Selain akan membuat tubuh kurang berenergi dan kurang bugar, malas bergerak juga membuat gula di dalam tubuh tidak diserap menjadi energi. Banyaknya gula yang tidak diubah menjadi energi ini membuat kadar gula dalam tubuh meningkat dan diikuti dengan meningkatnya risiko diabetes.

3. Rajin berolahraga

Generasi millennial dan generasi Z sudah hidup didunia teknologi yang canggih. Laptop, smartphone menjadi salah satu penyebab generasi ini “mager”. Maka dari itu, mereka yang memiliki kebiasaan tidak baik di depan laptop dan smartphone harus segera mengubah kebiasaan. Jika memang pekerjaan menuntut untuk hal tersebut, setidaknya berikan beberapa menit dari waktu Anda di pagi dan sore hari untuk berolahraga ringan. Jangan memaksa untuk olahraga berat jika tubuh Anda masih belum terbiasa melakukannya. Karena, ini akan membuat Anda mudah merasa capek yang berujung pada rasa malas untuk kembali berolahraga. Awali dengan 10 menit dan tingkatkan waktu setelah Anda terbiasa. Hal ini jauh lebih baik daripada memaksa langsung berolahraga 1 jam namun hanya berlangsung 1 minggu.

4. Usahakan memiliki berat badan yang ideal

Badan yang kurus dan yang terlalu gemuk tidak baik, namun jika Anda memiliki berat badan lebih, ini bisa jadi Anda memiliki potensi terkena diabetes. Maka dari itu, usahakan tubuh Anda tetap berada pada berat badan ideal. Bagi Anda yang saat ini merasa sangat gemuk, jangan berkecil hati, lakukan diet sehat untuk mencegah diabetes dengan mengubah kebiasaan Anda mulai dari makan dan aktivitas.

Ilustrasi (c) Unsplash.com