Return to site

Anda Kurus, Bukan Berarti Aman Dari Diabetes!

November 10, 2021

Benarkah hanya orang gemuk yang bisa mengidap penyakit diabetes? Tidak, untuk menjadi pasien diabetes Anda tidak harus memiliki kelebihan berat badan atau obesitas. Orang kurus, juga bisa mengalami diabetes baik itu tipe 1 maupun tipe 2. Tahukah Anda, bahwa Anda bisa memiliki gula darah tinggi meski terlihat kurus. Sekitar 10% hingga 15% orang dengan diabetes tipe 2 memiliki berat badan yang sehat. Ini disebut diabetes tanpa lemak. Yang artinya, meskipun Anda kurus, tubuh Anda mungkin tidak membuat cukup insulin atau tidak meresponsnya dengan sangat baik. Meskipun tubuh Anda tidak gemuk, bukan berarti Anda tidak memiliki lemak, karena orang dengan berat badan normal yang terus mengembangkan diabetes kemungkinan memiliki otot yang banyak mengandung lemak.

Para ahli tidak mengetahui penyebab pasti dari diabetes yang memengaruhi orang kurus. Tapi Anda bisa mendapatkan pengetahuan lebih cepat dengan melakukan tes gula darah untuk melihat apakah Anda memilikinya atau tidak secara rutin. Jika Anda melakukannya, dokter Anda dapat membantu Anda menemukan manajemen diabetes dengan baik.

Faktor utama yang menyebabkan orang kurus juga dapat mengalami diabetes adalah gen dan gaya hidup seseorang. Secara umum, Anda 40% lebih mungkin terkena diabetes jika salah satu orang tua Anda memilikinya. Diabetes tanpa lemak juga dapat terjadi jika Anda tidak mendapatkan nutrisi yang cukup sebelum Anda lahir atau ketika Anda masih kecil. Dan peluang Anda terkena diabetes dengan berat badan normal meningkat jika Anda berkulit hitam atau merupakan keturunan Asia, tambah Carnethon. Beberapa hal lain juga meningkatkan peluang Anda. Itu termasuk jika Anda:

  • Perokok
  • Minum alcohol
  • Kurang berolahraga
  • Kurang tidur
  • Memiliki pola makan yang buruk

Diabetes Tanpa Lemak dan Kontrol Gula Darah

Jika Anda mengalami obesitas dengan diabetes tipe 2, obat yang Anda minum melalui mulut yang disebut metformin dapat membantu. Ketika Anda meminumnya, pankreas Anda dapat membuat lebih banyak insulin. Tapi itu mungkin tidak cukup jika Anda menderita diabetes tanpa lemak. Dibandingkan dengan orang gemuk dengan tipe 2, pasien diabetes tanpa lemak membutuhkan suntikan insulin pada usia yang lebih muda. Itu karena sel-sel tertentu di pankreas Anda yang disebut sel beta gagal berfungsi sebagaimana mestinya. Ini bisa saja terjadi karena gen Anda. Tapi faktor gaya hidup seperti merokok dan minum membuatnya lebih buruk.

Indeks massa tubuh Anda (BMI) adalah ukuran tinggi dan berat badan ideal Anda. Dokter sering menggunakan nilai ini untuk mengetahui apakah Anda mengalami obesitas. Tapi itu tidak memberi tahu Anda apa pun tentang masalah di dalam tubuh Anda. Anda mungkin kurang sehat jika Anda memiliki banyak berat badan.