Return to site

Aktivitas Fisik, Olahraga & Management Diabetes Ditengah COVID-19

December 7, 2021

Aktivitas fisik dan olahraga sangat penting untuk mengelola diabetes tipe 2. Olahraga juga bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, aktivitas fisik secara efektif mengurangi tingkat rawat inap pasien diabetes yang terpapar coronavirus 2019 (COVID-19). Sebuah tinjauan yang diterbitkan dalam jurnal Therapeutic Advances in Endocrinology and Metabolism bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas aktivitas fisik pada penderita diabetes tipe 2 dan COVID-19.

Diabetes tipe 2

Diabetes ditandai dengan metabolisme glukosa yang tidak normal. Selama beberapa tahun terakhir, kejadian diabetes telah meningkat. Saat ini, itu adalah penyebab utama keempat penyakit tidak menular di seluruh dunia. Diabetes tipe 2 timbul karena penurunan produksi insulin, resistensi insulin, atau keduanya. Umumnya, jenis diabetes ini lebih sering terjadi pada orang yang kelebihan berat badan atau dengan mereka yang terlibat dengan aktivitas fisik yang rendah atau keduanya.

COVID-19

COVID-19 biasanya dimulai dengan masa inkubasi tanpa gejala selama 1 hingga 14 hari. Pada sekitar 80% kasus, COVID-19 bermanifestasi sebagai penyakit ringan yang dapat disertai dengan gejala seperti demam, batuk, sakit tenggorokan, mual, sesak napas, sakit kepala, kehilangan penciuman dan pengecapan, menggigil, muntah, dan diare.

Pada pasien rawat inap dengan COVID-19, diabetes merupakan faktor risiko kematian dan tingkat perkembangan penyakit yang tinggi. Pasien COVID-19 dengan diabetes membutuhkan lebih banyak intervensi medis dan memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami kerusakan organ ganda daripada mereka yang tidak memiliki diabetes. Selain itu, gula darah tinggi memperburuk peradangan. Studi pada virus lain telah menunjukkan bahwa peradangan meningkatkan risiko infeksi.

Kurangnya aktivitas fisik dan kesehatan

Rekomendasi Institut Nasional untuk Kesehatan dan Perawatan Inggris Raya (NICE) menekankan peningkatan aktivitas fisik sebagai bagian penting dari pengobatan untuk banyak penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan gangguan muskuloskeletal. Selain itu, aktivitas fisik memiliki manfaat kesehatan yang signifikan, termasuk menurunkan angka kematian. Pada pasien diabetes tipe 2, aktivitas fisik dikaitkan dengan penurunan tekanan sistolik dan penurunan risiko komplikasi terkait diabetes, kematian, dan serangan jantung. Selain itu, satu penelitian menunjukkan bahwa olahraga meningkatkan sensitivitas insulin pada orang dewasa dengan diabetes tipe 2. Aktivitas fisik juga mengurangi kemungkinan terkena diabetes tipe 2.

Kurangnya aktivitas fisik memiliki efek besar pada kesehatan secara keseluruhan. Ini terkait dengan risiko rawat inap COVID-19 yang lebih tinggi. Sebuah survei global memperkirakan prevalensi kurangnya aktivitas fisik pada 57,7% individu yang berisiko diabetes tipe 2 dan pada 57,3% di antara populasi umum.

Hubungan Aktivitas Fisik, COVID-19 dan Diabetes

Ada hubungan positif antara tingkat aktivitas fisik dengan imunitas. Olahraga dikaitkan dengan pertahanan kekebalan yang lebih efektif dan kontrol gula darah yang lebih baik, yang keduanya dapat berperan dalam aktivasi sel kekebalan yang diinduksi COVID-19. Olahraga merangsang sel-sel kekebalan dan secara tidak langsung meningkatkan respons kekebalan dengan mengurangi jaringan lemak. Olahraga teratur meningkatkan kemanjuran vaksinasi flu pada orang dewasa. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik merupakan strategi yang berhasil untuk menghindari rawat inap akibat penyakit virus pernapasan seperti COVID-19. Aktivitas fisik yang teratur juga dapat mencegah timbulnya penyakit COVID-19 yang parah.