Return to site

Adakah Diabetes Kering & Diabetes Basah?

October 5, 2020

Dalam kehidupan sehari-hari, saat kita mendengar orang yang terkena diabetes, kita akan mendengar pertanyaan dari orang-orang sekitar, apakah diabetes kering atau diabetes basah? Sebenarnya apa sih diabetes kering dan diabetes basah? Jika kita mengacu pada dunia medis, tidak ada diabetes kering atau diabetes basah. Namun, istilah diabetes basah dan diabetes kering ini dapat didefinisikan sesuai dengan anggapan orang-orang awam.

Diabetes kering:

Diabetes kering menurut anggapan masyarakat adalah diabetes yang diderita oleh pasien tidak menyebabkan luka pada anggota tubuh, khusunya pada jari kaki atau tangan.

Diabetes basah:

Berdasarkan anggapan masyarakat awam, diabetes basah adalah diabetes yang menyebabkan luka pada pasien baik pada jari tangan, kaki atau bahkan bagian tubuh lainnya.

Nah, definisi dan jenis diabetes ini tidak dikenal dalam dunia medis. Bahkan dapat dikategorikan sebagai infomasi yang kurang tepat untuk disebarluaskan. Diabetes yang dikenal dalam dunia medis adalah diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2, Anda perlu mengenali beberapa perbedaan antara diabetes tipe 1 & diabetes tipe 2 dalam artikel kami di halaman ini.

Memang, jika masyarakat beranggapan bahwa penderita diabetes basah lebih rentan mengalami luka, itu sedikit benar. Namun, luka pada penderita diabetes tidaklah disebabkan karena ia terkena penyakit diabetes basah. Namun, penderita diabetes mengalami masalah pada kulit mereka yang tidak dapat menyembuhkan diri dengan baik dikarenakan organ dalam tubuh tidak bekerja maksimal yang disebabkan oleh diabetes.

Luka yang dialami oleh penderita diabetes hingga menjadi infeksi dapat terjadi karena luka kecil yang tidak dirawat dengan benar. Ketidakmampuan sel-sel kulit dalam melindungi diri dari infeksi membuat penderita diabetes mudah mengalami luka serius. Maka dari itu, penderita diabetes sangat dianjutkan untuk berhati-hati dalam beraktivitas. Bahkan menggaruk bagian tubuh yang gatal hingga terjadi lecet dan luka dapat menjadi infeksi serius jika tidak diperhatikan oleh penderita diabetes.

Nah, kini Anda sudah mengerti bahwa tidak ada diabetes kering dan diabetes basah dalam dunia medis. Adapun jenis diabetes yang ada dan dikenali dalam dunia medis adalah diabetes tipe 1 dan tipe 2, serta diabetes gestasional yang dialami oleh wanita hamil.