Return to site

7 Jenis Sayuran Yang Bagus Untuk Pasien Diabetes Tipe 2

October 15, 2021

Ketika Anda memiliki penyakit diabetes, anda tidak boleh salah saat mengonsumsi sayuran, karena pilihan ini sangat membantu untuk manajemen gula darah dan kesehatan secara keseluruhan. Asupan buah dan sayuran yang cukup, setidaknya lima porsi sehari, menurut Pedoman Diet untuk Orang Amerika, adalah landasan diet yang sehat. Dan jika Anda mengelola diabetes, mengonsumsi banyak sayuran yang kaya nutrisi dan serat tinggi dapat membantu manajemen gula darah dan manajemen kondisi jangka panjang. Berikut adalah 7 sayuran yang direkomendasikan untuk manajemen diabetes.

1. Wortel

Serat dalam sayuran nonpati membantu kita merasa kenyang. Wortel sangat direkomendasikan karena merupakan sayuran berserat tinggi yang sangat mengenyangkan. Wortel juga tinggi vitamin A, yang membantu kekebalan dan kesehatan mata.

2. Brokoli

Selain membantu meningkatkan rasa kenyang, serat dalam sayuran bertindak sebagai prebiotik. Serat prebiotik difermentasi oleh bakteri usus kita, membantu mereka berkembang. Dalam beberapa kasus, ini membantu metabolisme glukosa dan kolesterol. Brokoli adalah pilihan yang cocok untuk kebutuhan ini, seperti juga sayuran lainnya.

3. Kubis

Lupakan sejenak untuk menenggak jus jeruk dengan harapan meningkatkan kekebalan. Kubis juga tinggi vitamin C, yang secara positif mempengaruhi kesehatan jantung. Kubis juga mengandung banyak serat untuk memperlambat pencernaan apa pun yang Anda makan di sampingnya, yang akan membantu mencegah lonjakan gula darah.

4. Bayam

Seperti semua sayuran berdaun hijau, bayam padat nutrisi dan sangat rendah kalori. Bayam juga kaya akan zat besi, yang merupakan kunci aliran darah yang sehat. Anda bisa menambahkannya ke sup atau semur.

5. Tomat

Anda sangat disarankan untuk menambahkan tomat ekstra ke dalam sandwich gandum utuh. Selain menambahkan rasa manis, tomat mengandung likopen yang tinggi, senyawa yang telah dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan kanker tertentu yang lebih rendah.

6. Buncis

Buncis mungkin bukan hidangan yang paling bergizi, tetapi buncis sendiri dikemas dengan manfaat kesehatan. Buncis mengandung vitamin C dan vitamin A, dan tinggi serat. Anda yang memiliki diabetes merekomendasikan untuk menambahkan buncis cincang ke dalam saus pasta untuk tambahan sayuran. Hindari saja penggunaan buncis kalengan, yang bisa mengandung sodium.

7. Jamur

Jamur bukanlah makanan yang menjadi pilihan kebanyakan orang, tapi ada bukti yang menghubungkan obat diabetes metformin dengan kekurangan vitamin B, dan makan jamur (yang kaya vitamin B) dapat membantu mengatasi hal ini.

Itulah jenis-jenis sayuran yang baik untuk dikonsumsi oleh pasien diabetes. Tetapi ada satu catatan penting yang harus Anda ingat, jangan mengonsumsi sayur secara berlebihan, karena itu juga tidak akan baik untuk tubuh Anda. Konsultasikan dengan dokter Anda berapa porsi yang tepat untuk managemen diabetes Anda. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan porsi yang pas sesuai dengan kadar gula dalam tubuh Anda.