Return to site

7 Cara Alami Mencegah Diabetes Sebelum/Saat Didiagnosis Pradiabetes

October 27, 2021

Pradiabetes adalah periode sebelum diabetes didiagnosis di mana kadar gula darah tinggi tetapi tidak cukup tinggi untuk didiagnosis sebagai diabetes. Beruntungnya, perkembangan diabetes dari pradiabetes masih bisa Anda sembuhkan jika Anda melakukan manajemen gula dara dengan baik. Pada periode prediabetes maupun normal, ada banyak tindakan yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko diabetes. Mulailah dengan 7 tips ini untuk mencegah Anda mengalami diabetes:

1. Kurangi gula dan karbohidrat olahan untuk menjaga gula darah Anda

Makan makanan tinggi karbohidrat olahan dan gula meningkatkan kadar gula darah, berawal dari kondisi inilah yang dapat menyebabkan diabetes semakin berkembang dari waktu ke waktu. Contoh karbohidrat olahan termasuk roti, kentang dan banyak lagi jenis. Sebaliknya, batasi gula dan pilih karbohidrat kompleks seperti sayuran, oatmeal, dan biji-bijian.

2. Berhenti merokok jika Anda adalah pengguna tembakau saat ini

Merokok dapat menyebabkan resistensi insulin, yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Berhenti merokok telah terbukti mengurangi risiko diabetes tipe 2 dari waktu ke waktu.

3. Perhatikan porsi Anda

Ketahui seberapa banyak porsi makanan yang cukup untuk kebutuhan tubuh Anda. Dengan pemahaman ini akan dapat membantu mengurangi kadar gula darah serta mengurangi risiko diabetes. Makan terlalu banyak pada satu waktu telah terbukti menyebabkan kadar gula darah lebih tinggi.

4. Olahraga 30 menit per hari

Cobalah untuk lebih aktif dengan berjalan-jalan, menari, mengangkat beban atau berenang selama 30 menit per hari atau minimal lima hari per minggu. Jika Anda tidak melakukan atau sangat sedikit aktivitas fisik, atau Anda lebih banyak duduk hampir sepanjang hari, maka Anda menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak, dan inilah saatnya untuk bergerak.

5. Perbanyak minum air putih

Minum air putih sebagai pengganti minuman lain dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan insulin, sehingga mengurangi risiko diabetes. Dengan minum air putih yang lebih banyak, satu hal yang dapat Anda rasakan adalah mengurangi potensi tingginya kadar gula. Ini juga merupakan gaya hidup sehat dengan memilih air putih daripada jenis miniman lainnya, terlebih lagi yang tinggi gula.

6. Perbanyak makan serat

Mendapatkan banyak serat sangat bermanfaat untuk kesehatan usus dan manajemen berat badan. Mengkonsumsi sumber serat yang baik setiap kali makan dapat membantu mencegah lonjakan gula darah, yang dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes.

7. Perbanyak resep kesehatan alami

Di Indonesia, kita akan sering menemukan resep kesehatan alami atau obat herbal yang ditemukan seperti jamu-jamuan. Kenali jenis jamu-jamuan yang dapat membantu Anda mengontrol gula darah. Ini tentunya akan membantu kesehatan Anda. Jika Anda kesulitan untuk membuat jamu herbal, Anda dapat memilih obat herbal DMPhas untuk manajemen diabetes dan mencegah diabetes. DMPhas merupakan obat herbal yang 100% bahannya dari ekstrak pare dan buncis, dimana kedua jenis sayuran ini terbukti secara ilmiah dalam menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap seimbang. Obat herbal DMPhas tidak hanya baik untuk pasien diabetes, jika Anda memiliki keinginan untuk melakukan tindakan pencegahan diabetes, DMPhas merupakan pilihan obat herbal untuk Anda.