Return to site

6 Tips Menjaga Kebugaran Meski Memiliki Diabetes Dalam Tubuh Anda

October 14, 2022

Apakah Anda memiliki diabetes tipe 1 atau tipe 2, tetap saja diabetes adalah penyakit yang menantang untuk dijalani. Sementara itu, banyak komplikasi kesehatan yang umum terjadi jika Anda memiliki diabetes. Tetapi, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk tetap sehat meskipun Anda hidup dengan diabetes, melalui kebiasaan gaya hidup sehat. Dengan mengikuti beberapa tips sederhana, Anda dapat menjaga gula darah Anda tetap terkendali dan mencegah masalah sebelum dimulai.

Ingat, komplikasi dapat berubah menjadi masalah kesehatan yang serius jika tidak ditangani dengan benar. Kabar baiknya adalah Anda dapat mengendalikan diabetes dengan mengubah pilihan sehat menjadi kebiasaan. Tetap sehat dengan diabetes dan jalani hidup sepenuhnya dengan mengikuti tips ini:

1. Periksa Glukosa Anda Secara Teratur

Dengan memantau nilai gula darah, Anda dapat mempelajari bagaimana tubuh Anda merespons berbagai makanan, olahraga, dan obat-obatan. Dengan data ini, Anda dapat menghindari komplikasi diabetes yang serius seperti masalah mata, penyakit jantung dan stroke. Memantau glukosa berkelanjutan sangat membantu untuk mengetahui bagaimana respons dan pola tubuh Anda.

2. Jangan Merokok

Merokok dapat mempersulit pengendalian diabetes Anda. Rokok juga dapat meningkatkan kemungkinan Anda mengalami sejumlah masalah kesehatan seperti masalah aliran darah ke kaki dan kaki, gusi, mata, ginjal dan penyakit jantung, serta kerusakan saraf.

3. Pastikan Anda Memperhatikan Kondisi Kaki Dan Anggota Tubuh Yang Mudah Luka

Diabetes dapat merusak saraf yang biasanya mengingatkan Anda akan rasa sakit. Periksa kaki dan jari kaki Anda dan anggota tubuh yang rentan sakit dengan hati-hati dalam beraktivitas setiap hari. Lihat dan rasakan tanda-tandanya seperti kulit kering, bengkak, hot spot, kapalan atau luka. Jika sulit untuk melihat bagian bawah kaki Anda, cermin dapat membantu. Gunakan air hangat untuk mencucinya dengan lembut. Kemudian, keringkan dan oleskan lotion untuk melembabkannya. Jangan gunakan lotion di sela-sela jari kaki.

4. Pergi ke Dokter Anda

Buatlah jadwal kunjungan rutin dengan penyedia kesehatan kepercayaan Anda dan segera cari perawatan jika Anda melihat masalah serius, seperti kemungkinan infeksi kaki.

5. Rawat Gigi Anda dengan Baik

Menjaga senyum Anda tetap sehat adalah penting karena gula darah tinggi dapat menyebabkan lebih banyak gula dalam air liur Anda. Gigi berlubang dan penyakit gusi dapat terjadi. Untuk menjaga gigi Anda dalam kondisi yang baik, sikatlah secara menyeluruh dengan pasta gigi yang mengandung fluoride dua kali sehari.

6. Minumlah Obat Anda Sesuai Petunjuk

Penyedia layanan kesehatan Anda akan meresepkan obat untuk mengontrol gula darah, tekanan darah dan/atau kolesterol Anda. Ikuti instruksi mereka dengan hati-hati untuk mengelola diabetes Anda.