Return to site

6 Hal Untuk Menjaga Keseimbangan Gula Darah

February 20, 2023

Keseimbangan gula darah paling baik dicapai ketika Anda menekannya dari beberapa sudut yang berbeda. Hal ini termasuk beberapa modifikasi gaya hidup, yang akan kita bahas. Mari kita mulai dengan beberapa pedoman umum untuk waktu makan.

 

1. Bersandar pada makanan yang memiliki indeks glikemik rendah

Indeks glikemik (GI) adalah ukuran bagaimana makanan memengaruhi gula darah kita. Ini didasarkan pada seberapa cepat tubuh memecah makanan yang mengandung karbohidrat menjadi glukosa. Angka yang lebih tinggi (70 - 100) menunjukkan bahwa makanan akan menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang lebih cepat, sedangkan angka yang lebih rendah (<50) menunjukkan makanan yang menyebabkan kenaikan gula darah yang lebih lambat. Anda dapat menemukan indeks glikemik banyak makanan secara online di situs web sumber daya indeks glikemik Universitas Sydney.

 

2. Kurangi gula rafinasi dalam diet harian Anda

Mengurangi makanan yang dibuat dengan gula rafinasi bisa menjadi kebiasaan yang baik jika Anda mencoba menjaga gula darah Anda tetap terkendali. Jika Anda menyukai makanan manis, mungkin ada baiknya mencoba pengganti gula yang disarankan oleh dokter Anda. Ini termasuk suplemen harian untuk mendukung glukosa normal dan metabolisme energi ditambah permen yang mengandung ekstrak Gymnema sylvestre, yang dapat menekan rasa manis dan dapat membantu Anda mengidentifikasi sumber gula dalam makanan Anda.

 

3. Carilah sumber kromium dan magnesium

Anda bisa mendapatkan banyak magnesium dari sayuran hijau, alpukat, kacang polong kering, kacang-kacangan, biji-bijian, dan tahu. Sebagian besar buah dan sayuran adalah sumber kromium yang baik, tetapi Anda akan menemukan jumlah yang sangat tinggi dalam brokoli, kacang hijau, dan ragi nutrisi.

 

4. Perbanyak serat

Makanan berserat tinggi, terutama yang dikemas dengan serat larut, telah terbukti membantu menjaga keseimbangan gula darah. Anda harus bisa menerima asupan serat cukup dengan makan makanan yang kaya akan nutrisi serat nabati. Jika Anda ingin meningkatkan serat larut dalam diet Anda, Anda dapat mencoba menambahkan oatmeal.

 

5. Tambahkan kayu manis

Ekstrak kayu manis dan kayu manis dapat membantu menjaga kadar gula darah yang sehat bila digunakan sebagai bagian dari diet Anda.

 

6. Pertimbangkan keto

Diet rendah karbohidrat seperti keto dapat menjaga gula darah tetap rendah dan dalam kisaran yang lebih ketat. Tetapi karena diet ketogenik standar cenderung membatasi dan kebanyakan melewatkan sayuran, ada baiknya mencoba pendekatan nabati yang lebih fleksibel, seperti diet ketotarian praktisi kedokteran.