Return to site

6 Cara Untuk Menjaga Pola Hidup Sehat Para Penderita Diabetes

June 12, 2020

Ketika seseorang mengidap penyakit diabetes, kebanyakan dari mereka akan mendapatkan banyak sekali pantangan makanan yang harus dihindari. Terlebih lagi untuk makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi. Sedangkan banyak sekali makanan yang akan lebih nikmat ketika dikonsumsi dengan gula seperti kue, buah-buahan dan juga minuman. Meskipun hal tersebut memang harus dilakukan oleh penderita diabetes, bukan berarti Anda tidak dapat menikmati makanan yang nikmat. Selama Anda masih bisa menjaga kesehatan dan tetap dalam kontrol untuk mencegah penyakit diabetes bertambah parah. Berikut adalah beberapa tips untuk Anda yang ingin tetap bisa mengkonsumsi makanan yang lezat meskipun memiliki diabetes.

1. Mengkonsumsi makanan sehat

Wajib hukumnya bagi Anda para penderita diabetes untuk mengkonsumsi makanan sehat. Bahkan, Anda juga perlu mewaspadai makanan yang mengandung kadar gula maupun karbohidrat yang sederhana sekalipun. Seperti menghindari konsumsi madu, makanan manis, susu kental manis dan lain sebagainya. Akan tetapi, hal ini juga bukan syarat mutlak bahwa Anda harus benar-benar menghindari makanan yang seperti ini sama sekali. Karena, semua tubuh manusia membutuhkan karbohidrat yang akan menjadi sumber energi yang dihasilkan dari makanan pengganti seperti roti gandum. Anda juga masih bisa mengkonsumsi kue, hanya saja jangan mengkonsumsinya secara rutin setiap hari.

2. Mengkonsumsi camilan yang memiliki indeks gikemik rendah

Meskipun Anda sedang dalam masa perawatan diabetes atau sedang dalam proses mencegah diabetes, Anda tetap bisa mengkonsumsi cemilan. Hanya saja, apa yang harus Anda perhatikan adalah memilih cemilan dengan indeks gikemik rendah. Anda juga masih bisa mengkonsumsi buah-buahan yang dapat dikonsumsi bagi para penderita diabetes seperti buah yang kaya akan serat. Salah satu cemilan yang dapat Anda konsumsi adalah kacang kedelai. Di mana, kacang kedelai memiliki manfaat untuk meningkatkatkan kontrol terhadap insulin dalam tubuh. Tentunya, ini akan sangat membantu Anda untuk memperbaiki kadar gula didalam tubuh Anda.

3. Mengkonsumsi makanan dengan porsi yang seimbang

Semua orang bukan hanya mereka yang menderita diabetesharus selalu menjaga dan mengatur pila makan dengan porsi yang seimbang sesuai dengan kebutuhan dalam tubuhnya. Sebagai penderita diabetes, Anda juga harus memahami bagaimana cara mengetahui berapa jumlah kebutuhan akan protein, karbohidrat, lemak dan serat untuk tubuh Anda. Umumnya, Anda yang terkena diabetes memiliki kebutuhan karbohidrat sekitar 50-60% (kebutuhan kalori), protein 10-15% (kebutuhan kalori), lemak 20-25% (kebutuhan kalori) dan serat 25 gram per hari. Tapi ingat, Anda juga harus menyesuaikan tingkat kebutuhan ini sesuai dengan anjuran dokter.

4. Menjadikan gadget sebagai pusat informasi tambahan

Anda saat ini sedang berada pada masa di mana teknologi dan internet membuka akses informasi yang lebih luas. Manfaatkan hal tersebut untuk mencari informasi yang berkaitan dengan penyakit yang Anda derita agar lebih cepat sembuh.

5. Berolahraga

Olahraga bagi Anda yang sedang diabetes tentu sangat penting. Ini akan membantu Anda menurunkan berat badan dan juga dapat mengontrol pikiran Anda agar tidak stres. Karena, stres merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan gula darah, maka ini akan semakin memperburuk kondisi Anda. Tak harus olahraga berat, Anda dapat melakukan olahraga sederhana dan ringan yang penting dapat membuat diri Anda lebih santai dan tidak stres.

6. Menghindari aktivitas yang dapat menimbulkan luka

Ketika seorang penderita diabetes memiliki luka pada tubuh, terutama pada jari tangan atau kaki, mereka akan mengalami luka yang lebih serius. Karena, luka tersebut juga tidak hanya sebagai infeksi ringan, namun juga dapat diperparah oleh diabetes. Dikarenakan kebanyakan luka dari diabetes sangat sulit untuk sembuh, maka Anda perlu menghindari aktivitas yang dapat menimbulkan luka. Seperti dengan menggunakan alas kaki yang terlalu tipis atau yang terlalu sesak untuk kaki Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com