Return to site

5 Tips Untuk Mengambil Tindakan Ketika Memiliki Diabetes

September 30, 2020

Cara terbaik untuk mengelola diabetes adalah dengan membuat perubahan dalam gaya hidup Anda. Banyak orang yang menderita diabetes gagal dalam menjaga kesehatan mereka atau bahkan menjadi tidak memiliki semangat untuk hidup karena mereka tidak bersedia merubah dan mengelola diabetes yang ia miliki. Anda berhak hidup normal seperti orang sehat, meskipun Anda memiliki diabetes, Anda perlu melakukan beberapa hal berikut ini untuk menjaga kehidupan Anda tetap seperti orang normal.

1. Menjadi orang yang aktif

Berolahraga dan aktivitas fisik lainnya memiliki serangkaian manfaat yang menyertainya. Mulai dari penurunan berat badan, menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan kepekaan Anda terhadap insulin. Jalan kaki atau joging sekitar 40 menit setiap hari jika Anda berusia di bawah 40 tahun adalah pilihan yang baik untuk tetap bugar.

2. Memiliki pola makan kaya serat

Serat sangat baik untuk kesehatan Anda. Ini membantu mengurangi risiko terkena diabetes dengan menjaga kadar gula darah Anda tetap rendah. Ini juga menurunkan kemungkinan Anda terkena penyakit jantung dan membantu penurunan berat badan dengan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Tingkatkan jumlah serat dalam makanan Anda dengan memasukkan banyak sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian.

3. Memasukkan biji-bijian dalam rencana makan Anda

Kadar gula darah tetap normal atau dapat diturunkan saat Anda mengonsumsi biji-bijian. Sertakan produk biji-bijian dalam makanan Anda seperti roti, pasta dan sereal. Dianjurkan untuk mengganti setidaknya setengah dari makanan yang Anda konsumsi menjadi biji-bijian. Ini akan lebih baik untuk menjaga kesehatan Anda.

4. Menurunkan berat badan

Penurunan berat badan adalah ukuran utama yang harus diambil untuk mengatasi diabetes jika Anda kelebihan berat badan. Kesehatan Anda akan meningkat secara signifikan dengan setiap kilo yang Anda hilangkan. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa para peserta yang kehilangan sekitar 7% dari berat badan asli mereka dan terus berolahraga secara teratur mengurangi kemungkinan terkena diabetes hingga hampir 60%.

5. Memilih diet sehat daripada asal diet/diet tidak sehat

Awalnya, diet yang tidak teratur seperti diet rendah karbohidrat atau diet indeks glikemik dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Namun efek jangka panjang dan perannya dalam mencegah diabetes belum diketahui. Tetapi diketahui bahwa mengecualikan atau mengurangi jumlah kelompok makanan tertentu dapat membuat Anda kehilangan nutrisi penting. Anda dapat memilih untuk mengontrol porsi atau memiliki variasi produk dalam rencana makan sehat Anda. Konsultasikan pada dokter Anda untuk menjalani diet sehat dengan meminta daftar makanan yang tepat untuk proses diet yang akan Anda jalani.

Ilustrasi (c) Unsplash.com