Return to site

5 Tips Bagi Penderita Diabetes Agar Semangat Berolahraga

October 7, 2020

Memantau dan menjaga kadar gula darah Anda sangat penting untuk menghindari komplikasi lebih lanjut yang berkaitan dengan diabetes tipe 2, dari penyakit kardiovaskular hingga penyakit berbahaya lainnya. Mengkonsumsi makanan dengan tepat dan memeriksa kadar glukosa Anda secara teratur sama-sama penting, tetapi faktor penting lain yang sering diabaikan adalah olahraga.

Aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur dapat membantu menyeimbangkan gula darah dan menurut jurnal Contemporary Reviews in Cardiovascular Medicine, olahraga mengurangi risiko stasis vena yang dapat menyebabkan disfungsi pada kaki. Bahkan untuk orang tanpa diabetes, memulai rutinitas olahraga bisa jadi menakutkan, tetapi tips berikut dapat membantu transisi Anda dari yang awalnya malas olahraga menjadi lebih semangat untuk berolahraga:

1. Mulailah dengan hal sederhana secara perlahan

Jika Anda gugup untuk memulai rutinitas olahraga, lakukan rutinitas secara perlahan dan pasti. Misalnya, Anda dapat memulai pada hari pertama dengan peregangan ringan, kemudian mendorong peregangan Anda sedikit lebih jauh setiap hari untuk meningkatkan kelenturan dan aliran darah. Tingkatkan kecepatan aktivitas Anda seiring berjalannya waktu.

2. Coba latihan dengan intensitas lebih pendek namun berulang

Cobalah untuk mendedikasikan diri Anda untuk, katakanlah, olahraga 30 menit setiap hari, bagi latihan Anda menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Anda dapat berolahraga selama 10 menit di pagi hari, 10 menit di sore hari, dan 10 menit di sore hari.

3. Bangun keseimbangan aktivitas

Aerobik dan penurunan berat badan bukanlah satu-satunya yang dapat dihasilkan karena faktor olahraga. Anda dapat menggunakan rutinitas harian untuk membantu memperkuat dan membangun keseimbangan dalam beraktivitas, yang pada akhirnya akan membantu Anda menghindari aktivitas berlebihan yang dapat menyebabkan cedera, seperti patah tulang dan luka yang tidak dapat disembuhkan.

4. Bergabunglah dengan kelas olahraga untuk diabetes

Awalnya Anda mungkin merasa lebih nyaman berolahraga dari rumah Anda sendiri, tetapi cobalah keluar dan bertemu orang baru dengan minat yang sama untuk menjadi sehat karena menderita diabetes. Hal ini akan membantu Anda dapat berbagi informasi mengenai sakit dan saran-saran dokter yang bisa saja dapat menjadi informasi untuk ditanyakan kepada dokter Anda. Olahraga bersama akan menambah rasa senang dan mengurangi stress, jadi cobalah untuk bergabung dengan kelas olahraga untuk diabetes.

5. Buat dan lakukan hal yang menyenangkan

Bagi banyak orang, olahraga tradisional itu monoton, pergi ke gym dan melakukan pengulangan bisa dilakukan berulang-ulang. Tambahkan keseruan dalam rutinitas Anda dengan melakukan sesuatu yang baru. Seperti ketika mencoba untuk mengikuti kelas tari, meskipun ini bukan bagian dari olah raga, banyak tarian-tarian tradisional yang bisa menjaga tubuh Anda seperti berolahraga.

Ilustrasi (c) Unsplash.com